Mayday, Hindari Jalan Protokol Ibukota [metrotv]

Mayday, Hindari Jalan Protokol Ibukota

PinkKorset.com, Jakarta – Pada peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day hari ini, sejumlah ruas jalan Ibu Kota akan ditutup.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya akan menggelar car free day saat peringatan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada Jumat 1 Mei 2015. Ini berarti, sejumlah ruas jalan di Ibu Kota akan ditutup.

Berdasarkan Dirlantas Polda Metro Jaya, sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin akan ditutup pukul 06.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB dan dapat diperpanjang sesuai kondisi di lapangan.

Penutupan itu berlaku selama massa buruh melakukan long march dari bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga ke depan Istana Negara di Jl. Medan Merdeka Barat, sehingga sebagian jalan di sekitar Istana Negara juga ditutup, yakni Jalan Harmoni, Jalan Veteran, Jalan Medan Merdeka Barat, lampu merah Perwira dan sekitaran Tugu Tani.

Hanya bus TransJakarta dan bus buruh yang diperbolehkan melintas.

Pejabat sementara (Pjs) Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Budi Widjanarko mengatakan pihaknya akan mengerahkan ribuan personel untuk mengamankan aksi buruh itu.  Dengan rincian, 5.217 personel dari Polda Metro Jaya, 6.689 personel Polres, 1.597 personel Mabes Polri, dan 300 personel TNI. Mereka akan disebar di sejumlah titik-titik rawan dan pusat berkumpulnya para buruh.

Pengalihan lalu lintas

Selama peringatan May Day lalu lintas akan dialihkan. Kendaraan tujuan Jalan Merdeka Barat dari arah utara (Harmoni) dibelokan ke kiri melalui Pos Pasar Baru lalu melintas ke Lapangan Banteng, hingga Tugu Tani, dan Menteng.

Dari arah timur yang melintas melalui Bundaran Semanggi akan ditutup. Hanya bus massa peserta May Day yang boleh melintas, sementara mobil pribadi dilarang masuk.

Apabila massa sudah penuh di Bundaran HI, maka massa yang baru datang akan disetop di Dukuh Atas dan wajib jalan kaki. Kendaraan diminta lewat bawah dan parkir di Monas.

Jika Semanggi sudah penuh dengan massa, maka massa yang datang dari arah Tangerang akan dibelokan melalui Tomang, lalu belok kiri ke arah Harmoni.

Belum Ada Berita Terkait