Sri Mulyani Masuk ‘Most Powerful Women’ Forbes [indonesia]

Sri Mulyani Masuk ‘Most Powerful Women’ Forbes

PinkKorset.com, Jakarta – Forbes menamakan 100 perempuan berikut sebagai Most Powerful Women 2016. Salah satunya berasal dari Indonesia. Siapa dia?

Empat metrik digunakan Forbes untuk mencari siapa perempuan yang layak masuk daftar ini. Yakni uang, baik dari penghasilan pribadi, pemasukan perusahaan, hingga PDB. Kemudian keberadaan mereka di media, lingkaran yang berhasil mereka pengaruhi, serta dampak yang diciptakan para perempuan ini.

Satu-satunya perempuan Indonesia yang berada dalam daftar ini adalah Sri Mulyani Indrawati, mantan Menteri Keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Saat ini ia menjabat sebagai Managing Director World Bank. Sri Mulyani menempati urutan ke-37 di daftar ini.

Perempuan berusia 53 tahun ini menjabat sebagai orang kedua Bank Dunia sejak 2010. Posisi ini menjadikannya sebagai pejabat perempuan paling senior di institutsi tersebut. Ia ditugaskan menyatukan 188 negara anggota Bank Dunia untuk mencapai dua tujuan utama mereka.

Yakni mengakhiri kemiskinan dan menggalakkan kemakmuran bersama. Sebelum duduk di Bank Dunia, perempuan yang memiliki tiga anak ini mejabat sebagai Menteri Keuangan sekaligus Menteri Koordinator Perekonomian di Tanah Air. Visi dan misi Sri Mulyani memang tak terbatas di Indonesia.

Menurut Forbes, baru-baru ini ia menulis paper yang menegaskan pada pentingnya mengakhiri perbedaan gender dalam kesetaraan memperoleh kesempatan. Secara global, tulisnya, partisipasi buruh perempuan stagnan atau menurun. Perempuan juga memiliki kemungkinan 50% memperoleh pekerjaan full-time.

Berdasarkan studi dalam skala global, Sri Mulyani juga mencatat perusahaan yang menyertakan perempuan dalam kepemimpinan mereka cenderung tidak terlibat dalam skandal atau penipuan. Observasi seberat ini, datang dari petinggi World Bank, tentunya berdampak hebat.

Daftar lengkap 100 Most Powerful Woman 2016 dari Forbes bisa Anda baca di sini.