Ajarkan Anak Bersyukur [donate]

Ajarkan Anak Bersyukur

PinkKorset.com – Liburan akhir tahun adalah momen yang luar biasa untuk semua orang, terutama anak-anak.

Banyaknya saudara dan tamu yang berkunjung, mainan yang berlimpah dan perlakuan manis, dapat menyebabkan anak manja dan rewel, serta kurang berterimakasih.

Momen ini pun jadi saat yang tepat bagi para orangtua untuk mengajarkan cara bersyukur.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Menyumbangkan mainan

Ada banyak anak-anak yang membutuhkan mainan di luar sana. Terutama mereka yang tidak mendapat hadiah mainan saat liburan. Sedangkan anak Anda mungkin memiliki beberapa mainan yang masih bagus, namun tidak lagi digunakan.

Bicaralah dengan anak Anda tentang orang-orang yang berkekurangan tersebut. Lalu ajaklah ia memilih beberapa mainan yang ingin disumbangkan.

Mengunjungi panti asuhan

Kesempatan liburan tidak melulu digunakan untuk bersenang-senang, bukan? Ajaklah anak Anda untuk berkunjung ke panti asuhan. Bawa juga pakaian dan mainan bekas layak pakai, atau kebutuhan sehari-hari untuk disumbangkan.

Di tempat ini, anak-anak akan belajar berbagi dan melihat kehidupan yang sederhana. Mereka juga akan lebih bersyukur memiliki keluarga yang dapat memenuhi semua kebutuhan mereka.

Membereskan rumah

Merapikan rumah akan mengajarkan anak cara menghargai hasil kerja orang lain. Terutama karena rumah yang bersih dan rapi tidak terwujud dalam sekejap. Perlu kerja keras untuk mewujudkannya.

Libatkan anak secara bertahap, mulai dari kegiatan yang sederhana, seperti menyusun buku, merapikan tempat tidur, membuang sampah mengelap meja hingga menyapu dan lainnya.

Belum Ada Berita Terkait