Besok, Jalur Pendakian Semeru Ditutup [tempo]

Besok, Jalur Pendakian Semeru Ditutup

PinkKorset.com – Jalur pendakian Gunung Semeru di Jawa Timur ditutup mulai Selasa, 5 Januari 2015.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menutup jalur pendakian tersebut untuk proses pemulihan ekosistem di kawasan gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut.

“Senin merupakan hari terakhir bagi para pendaki yang naik ke Gunung Semeru. Mereka harus segera turun karena jalur pendakian akan ditutup,” kata Kepala TNBTS Ayu Dewi Utari.

Penutupan jalur pendakian itu mengacu pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, yakni untuk kepentingan pemulihan ekosistem atau jika kondisi membahayakan.

Ekosistem di gunung dengan ketinggian 3.676 meter itu perlu dipulihkan pascakebakaran yang melanda lereng Semeru dan menghanguskan ratusan hektare lahan di wilayah itu.

Setelah penutupan jalur pendakian Semeru, petugas TNBTS bersama para relawan dan pencinta alam akan membersihkan sampah di sepanjang jalur itu.

Menurut Ayu, cukup banyak sampah ditemui di sepanjang jalur pendakian karena peningkatan jumlah pendaki selama liburan sekolah yang berbarengan dengan libur Natal dan Tahun Baru.

Selain pemulihan ekosistem, jalur pendakian juga ditutup karena prediksi tingginya curah hujan pada Januari dikhawatirkan membahayakan pendaki.

Belum Ada Berita Terkait