Drone Nyaris Tabrak Pesawat [lufthansa]

Drone Nyaris Tabrak Pesawat

PinkKorset.com – Hati-hati saat bermain dengan drone! Gara-gara drone yang diterbangkan liar, satu unit pesawat penumpang hampir menabraknya. Peristiwa ini terjadi di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Pesawat dari maskapai penerbangan Lufthansa milik Jerman dilaporkan hampir menabrak satu unit drone saat hendak mendarat di Los Angeles International Airport (LAX). Badan penerbangan AS (FAA) melaporkan insiden ini terjadi pada Jumat (18/3/2016).

Menurut FAA, pesawat tipe Airbus A380 milik Lufthansa itu ‘bertemu’ pada pukul 13.30 waktu setempat pada ketinggian 5.000 kaki (152 meter). Drone melintas pada 200 kaki (61 meter) di atas pesawat, sekitar 14 mil (22,5 km) sebelah timur bandara.

Pesawat bernomor penerbangan 456 itu tak mengambil manuver untuk menghindar dan mendarat dengan selamat beberapa menit kemudian tanpa ada insiden lainnya, kata jubir FAA Ian Gregor.

FAA sebenarnya sudah menetapkan regulasi umum untuk drone dan model pesawat. Yakni larangan terbang di atas 400 feet (122 meter) dan 5 mil (8 km) dari bandara tanpa menghubungi pihak berwajib dan pengatur lalu lintas udara.

Namun tetap saja, sejak 2014 mereka menerima setidaknya 42 laporan drone terbang sembarangan dekat LAX yang merupakan bandara tersibuk kedua di AS. Perhitungan ini menurut analisa suratkabar Los Angeles Times.

Data yang diperoleh dari Senator California Dianne Feinstein ini menunjukkan hampir 200 pilot melaporkan drone yang terbang dekat dengan pesawat dalam dua tahun terakhir. Jumlah ini merupakan yang terbanyak dibandingkan negara bagian lain.

Kekhawatiran ini membuat FAA mengeluarkan aturan pada Desember lalu bahwa setiap pemilik drone yang menggunakannya untuk hobi, mulai usia 13 tahun ke atas, harus mendaftarkannya secara online kepada pemerintah.