Nilai dan Filosofi Dibalik Tari [PinkKorset]

Nilai dan Filosofi Dibalik Tari

PinkKorset.com, Jakarta – Menari bukan hanya menggerakkan badan semata. Beragam makna penting tersirat dan tersurat dalam aktivitas yang satu ini.

Pendiri Sanggar Padneçwara Retno Maruti mengatakan, salah satu manfaat nyata dari menari adalah menyehatkan tubuh.

Namun, bila dikerjakan dengan sungguh-sungguh, seorang penari juga dapat memetik nilai dan filosofi yang terkandung dalam gerak tariannya. Seperti tata karma, sopan santun dan bagaimana bersikap kepada orangtua.

“Semua nilai-nilai itu ada di dalam tari dan mempengaruhi diri tanpa disadari,” katanya saat jumpa pers Kidung Dandaka di Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Menurut Retno, menari dapat mengasah kepercayaan diri, karena penari harus mampu tampil di depan umum.

Tidak hanya itu. Tarian ternyata juga bisa untuk mengasah kejujuran. “Jujur terhadap karya dengan tidak mengaku karya tari orang lain dan jujur terhadap diri sendiri untuk mengingatkan orang lain yang tidak jujur,” katanya lagi.

Melalui tari, lanjutnya, Anda akan melatih kemampuan diri untuk saling menghargai. Seperti halya dalam sebuah pertunjukan tari, peran apapun dalam tari sangat penting.

Dosen Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini menyamakan tari dengan filosofi bangunan rumah. “Ibarat seperti paku dari sebuah rumah. Walaupun kecil tetapi juga dibutuhkan agar kokoh berdiri,” pungkasnya.