Profesi yang Paling Bikin Stres [telegraph]

Profesi yang Paling Bikin Stres

PinkKorset.com – Banyak orang mengeluhkan tekanan karena pekerjaan. Namun, bagaimana sebenarnya tingkat stres di tempat kerja Anda?

Menurut CareerCast 2016, pekerjaan dengan peringkat stres tertinggi adalah anggota militer aktif. Selain karena tuntutan fisik, kondisi berbahaya yang dihadapi, stres juga disebabkan risiko pribadi yang tinggi.

Sementara pekerjaan dengan tingkat stres paling rendah adalah analis keamanan informasi, yang bekerja untuk melindungi informasi sensitif perusahaan.

Dalam menyusun peringkat, CareerCast menilai 200 pekerjaan dengan 11 faktor stres.

Yakni waktu perjalanan yang dibutuhkan, potensi pertumbuhan karir, adanya tenggat waktu, bekerja di depan publik, persaingan di lapangan, tuntutan fisik, kondisi lingkungan, bahaya yang biasa dihadapi, risiko membahayakan diri sendiri, membahayakan kehidupan orang lain, serta bertemu atau berinteraksi dengan masyarakat luas.

CareerCast juga mencatat gaji rata-rata setiap pekerjaan dan memperkirakan pertumbuhan profesi hingga 2024, menggunakan data BLS.

Peneliti CareerCast Kyle Kensing menuturkan, kendati setiap pekerjaan memiliki tingkat stres berbeda, profesi yang berpotensi membahayakan nyawa, merupakan pekerjaan dengan tingkat stres tertinggi.

Beberapa pekerjaan yang juga masuk dalam daftar stres adalah profesi pemadam kebakaran, pilot maskapai penerbangan, dan polisi. Ini karena mereka memiliki peran untuk meredakan kecemasan dan melindungi nyawa orang lain.

profesi-perempuan

Tingkat stres juga disebabkan adanya tenggat waktu yang ketat dan pengawasan publik yang tinggi. Itulah yang menyebabkan eksekutif PR, penyiar dan wartawan surat kabar masuk dalam kategori ini.

Berikut daftar 10 profesi dengan tingkat stres tertinggi :

profesi-stres-2016-1

Sedangkan daftar 10 profesi dengan tingkat terendah adalah:

profesi-stres-2016-2