Usia Anda & Pasangan Sudah Ideal? [dm]

Usia Anda & Pasangan Sudah Ideal?

PinkKorset.com – Ada pasangan yang tak mempermasalahkan perbedaan usia dan ada pula yang sebaliknya. Benarkah ada jarak usia ideal antara Anda dan pasangan?

Banyak yang bilang, usia tak masalah jika sudah saling cinta. Banyak pula yang bilang, jarak usia yang terlalu jauh atau terlalu dekat tak baik bagi hubungan itu. Menurut studi yang dilakukan Emory University di Atlanta, AS, memang ada jarak ideal untuk memiliki hubungan awet.

Studi yang melibatkan tiga ribu orang ini menunjukkan, semakin jauh jarak usia maka makin tinggi kemungkinan kandas. Ini hanya pola, namun hasilnya bisa merujuk pada perbedaan tujuan dan minat pasangan yang jarak usianya terlalu jauh.

Dalam riset ini, pasangan dengan beda usia lima tahun memiliki risiko berpisah 18% lebih tinggi ketimbang yang berusia kurang lebih sama. Jarak usia 10 tahun memiliki risiko pisah 39%. Sementara pasangan dengan jarak usia 20% memiliki risiko berpisah hingga 95%.

Untuk usia ideal, periset meyakini jarak usia setahun adalah yang paling tepat karena risiko cerai hanya 3%. Perlu ditegaskan bahwa ini hanyalah data. Sebab periset meneliti pola. Setiap pasangan juga berbeda dan ada banyak faktor lain bisa mengubah hasilnya seperti anak, tingkah laku, dan kecocokan.

“Mungkin pasangan dengan beberapa karakteristik itu, rata-rata, adalah mereka yang bercerai karena alasan lain,” papar salah satu periset studi ini, Hugo Mialon.