Intip Penerapan Pendidikan 5.0 di Binus University @Bekasi

PinkKorset.com, Bekasi – Kampus ini mengusung Pendidikan 5.0 dengan pendekatan teknologi canggih, keterampilan, kreativitas dan kolaborasi untuk melahirkan generasi unggul.

Konsep Pendidikan 5.0 memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif, personal, dan relevan. Contohnya kemajuan dalam AI, augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan teknologi lainnya untuk membuka peluang baru dalam memperkaya pengalaman belajar bagi mahasiswa.

Binus @Bekasi Director Campus, Gatot Soepriyanto, S.E., Ak., M.Buss (Acc)., Ph.D., CA, CFE menjelaskan, sebagai kampus yang fokus pada business, service and technology, BINUS University @Bekasi berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam menerapkan Pendidikan 5.0. dengan telah mengadopsi sejumlah strategi dan teknologi untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masa depan.

“Binus University @Bekasi menggunakan teknologi AR dan VR untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam dan interaktif. Melalui penggunaan headset VR atau aplikasi AR di perangkat mobile, mahasiswa dapat menjelajahi berbagai konsep secara visual, membuat pembelajaran lebih menarik dan nyata. Model kelas konvensional juga kami gantikan dengan kelas digital dan kelas yang interaktif,” ucapnya di Bekasi, Jumat (24/11/2023).

[Pembelajaran dengan Virtual Reality]

Konsep Pendidikan 5.0 tak hanya fokus pada teknologi, tetapi juga melibatkan dan menggabungkan unsur industri. Terletak di Bekasi sebagai wilayah yang dekat dengan pusat industri, Binus University @Bekasi memposisikan pendidikan lebih konstekstual dan relevan dengan industri.

Selaras dengan hal tersebut, Binus University @Bekasi menjalin kerjasama dengan KT&G SangSang Univ., program Kemitraan dengan Innobiz Asscociation of Korea yang didorong Kemenkop UKM, yang menyediakan Smart Factory sebagai lab dan tempat praktik penggunaan teknologi modern di dunia manufaktur.

Kesejahteraan mahasiswa menjadi salah satu fokus di Binus Univeristy @Bekasi. Mahasiswa bisa memanfaatkan fasilitas relax corner dan fun corner ditengah-tengah kesibukan perkuliahan. Konsep ini juga melibatkan dukungan advisory dan mentoring (mentor), serta program mindfulness untuk mendukung pembelajaran mahasiswa.

Dengan pendekatan holistik ini tak hanya menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas tetapi juga mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan dunia industri.

Binus @Bekasi Director Campus, Gatot Soepriyanto, S.E., Ak., M.Buss (Acc)., Ph.D., CA, CFE dan General Manager Corporate Marketing Communication Binus University, Haris Suhendra, S.Kom.,M.M.]

Binus University @Bekasi juga menyediakan program kolaboratif yang memungkinkan mahasiswa dan dosen bekerja sama dalam proyek-proyek yang inovatif guna mempersiapkan mereka bekerja dalam lingkungan kerja modern. Sistem pembelajaran adaptif menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menyesuaikan materi pembelajaran dengan kebutuhan mahasiswa.

“Dengan AI kami juga bisa memprediksi mahasiswa yang berpotensi tidak lulus kuliah,” sambungnya.

Lebih lanjut, Gatot menambahkan, selain keterampilan teknis, Binus University @Bekasi juga memberikan penekanan khusus pada pengembangan keterampilan untuk dunia kecerdasan buatan. Kemudian memberikan pemahaman bahwa kesuksesan di tempat kerja tidak hanya bergantung pada pengetahuan akademis.

“Tetapi juga pada kemampuan beradaptasi, kepemimpinan dan empowering terhadap masyarakat,” katanya.

Hingga kini Binus University telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 2.000 perusahaan dari berbagai industri untuk memastikan bahwa kurikulum dan pengalaman mahasiswa sesuai dengan tuntutan pasar kerja saat ini.

Belum Ada Berita Terkait