Taman Hiburan, Bisnis Menggiurkan di Tiongkok [themeparktourism]

Taman Hiburan, Bisnis Menggiurkan di Tiongkok

PinkKorset.com – Kian banyak orang kaya di Tiongkok yang artinya, mereka akan banyak menghabiskan uang untuk menghibur keluarga. Taman hiburan (theme park) pun jadi bisnis menggiurkan.

Di Tiongkok saat ini, terdapat 11 dari 20 taman hiburan terkenal di Asia, dengan 166 juta kunjungan per 2013. Pemasukan yang diperoleh bisa mencapai US$3 miliar, tahun ini, menurut perkiraan lembaga periset IBISWorld.

Baru saja pemerintah Tiongkok merestui niatan Universtal Parks and Resorts untuk membangun taman hiburan keempatnya di Beijing, dalam sebuah rencana pengembangan senilai US$3,3 miliar.

Masih ada 59 taman hiburan lain yang direncanakan. Pada 2020, diperkirakan kunjungan ke taman hiburan di Negeri Panda  bakal melebihi kunjungan di Amerika Serikat (AS) yang mencapai 220 miliar tahun lalu.

Disneyland Hong Kong saja mengumumkan tahun profit kedua berturut-turut, karena adanya atraksi baru yang menarik kunjungan dari daratan utama (mainland) Tiongkok. Atraksi ‘Iron Man’ sangat populer di negara tersebut.

Disneyland Shanghai siap buka tahun depan dan melakukan pendekatan ‘East-meets-West’ seperti Garden of the Twelve Friends yang merupakan mural dari 12 simbol shio atau zodiak Tiongkok, namun diganti dengan wajah tokoh-tokoh Disney.

Dreamworks Animation tak mau kalah. Mereka sedang membangun kompleks senilai US$2,4 miliar, juga di Shanghai, yang akan dibuka pada 2017. Tempat ini nantinya memiliki studio IMAX berkapasitas 500 kursi.

Juni lalu, Six Flags Entertainment Corp. sudah mengumumkan rencana membangun enam taman hiburan di Tiongkok, dalam waktu satu dekade ke depan.

Sejumlah grup taman hiburan kelas internasional memang sudah terkenal di Asia. Sebut saja Fox, Paramount, Warner Bros., DreamWorks, dan siapa yang tak kenal Disney.

Pengembang lokal di Tiongkok tak begitu saja memasukkan merek-merek tersebut. Sebagian besar membaurkannya dengan budaya, cerita, dan tema ala Tiongkok. Tujuannya, untuk menarik minat wisatawan lokal.