Nonton TV Sambil Makan tak Baik Bagi Bumil? [google]

Nonton TV Sambil Makan tak Baik Bagi Bumil?

PinkKorset.com – Menonton televisi sambil makan memang asyik. Namun ternyata, hal ini tak baik khususnya bagi ibu hamil (bumil). Benarkah?

Kebiasaan makan sambil nonton televisi rupanya tak hanya akan berpengaruh bagi sistem metabolisme Anda, tapi juga anak-anak di masa depan.

Hal ini diperoleh dalam sebuah penelitian baru-baru ini terhadap para calon ibu. Kebiasaan makan sambil menonton televisi nyatanya akan terus berlanjut hingga perempuan tersebut hamil dan selanjutnya akan menurun menjadi kebiasaan si anak.

Tak hanya sekadar kebiasaan turunan, ini juga akan mengacaukan laju metabolisme di dalam tubuh Anda dan anak-anak. Akibatnya, muncul masalah kegemukan seiring bertambahnya berat badan di dalam tubuh.

Alasannya, saat makan sambil menonton televisi, Anda cenderung mengindahkan petunjuk-petunjuk halus bahwa perut Anda sudah kenyang, begitupun dengan calon bayi yang nantinya memiliki kecenderungan makan berlebih.

Hasil penelitian secara konkret juga menunjukkan jika kebiasaan seperti ini akan memacu bumil mengonsumsi makanan yang buruk sehingga menghambat kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi penting.

Sebuah survei dilakukan New York University Medical Science untuk menganalisis kebiasaan menonton televisi 180 bumil perempuan yang menjadi responden. Hasilnya,  kebiasaan makan sambil menonton televisi biasanya terjadi pada trimester ketiga.

Kebiasaan tersebut biasanya banyak dilakukan oleh calon ibu-ibu muda di bawah usia 25 tahun. Penelitian selanjutnya dilakukan pada anak-anak di bawah usia tiga tahun yang mengalami masalah kelebihan berat badan.

Hasilnya, 75% ibu dari anak-anak yang menjadi responden itu hingga masih suka nonton televisi sambil makan. Ini juga sekaligus menjelaskan munculnya berbagai masalah kesehatan ringan akibat kebiasaan menonton televisi saat makan.