2025, Perkotaan Indonesia Penuh Sesak [globalpost]

2025, Perkotaan Indonesia Penuh Sesak

PinkKorset.com – Bank Dunia memprediksi wilayah perkotaan Indonesia akan penuh sesak pada 2025.

Disebutkan, sebanyak 68% populasi Indonesia bakal memadati wilayah perkotaan pada 2025 jika gelombang urbanisasi tidak bisa dikendalikan melalui pembangunan yang merata.

Dalam laporan bertajuk East Asia’s Changing Urban Landscape: Measuring a Decade of a Spatial Growth, Bank Dunia menunjukkan tingkat urbanisasi di Indonesia termasuk yang tertinggi di Asia, dengan rata-rata pertumbuhan 4,4% per tahun sejak 1960 hingga 2013.

Posisi selanjutnya adalah Tiongkok, dengan tingkat urbanisasi per tahun 3,6%. Lalu Filipina dan India,  dengan pertumbuhan kaum urban masing-masing per tahun 3,4% dan 3%.

Secara keseluruhan, wilayah perkotaan Asia Timur berkembang rata-rata 2,4% per tahun selama dekade yang diteliti, dengan lahan perkotaan mencapai 134.800 kilometer persegi pada 2010.

Sementara itu, populasi di wilayah perkotaan Asia Timur tumbuh lebih cepat, dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 3% per tahun, meningkat menjadi 778 juta jiwa pada 2010. Ini adalah jumlah terbesar dibandingkan wilayah manapun di dunia. Berbagai data menunjukkan bahwa Eropa membutuhkan lebih dari 50 tahun untuk mencapai angka pertumbuhan yang sama.

Axel van Trotsenburg, Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Timur  mengatakan tingginya urbanisasi menjadi tantangan bagi Asia Timur. Namun, pihaknya menilai hal ini tidak bisa dikelola tanpa ukuran yang jelas.

“Kami merilis data ini agar pemimpin-pemimpin kota mendapat pemahaman lebih baik dan mengambil langkah yang dapat memastikan pembangunan perkotaan bermanfaat, terutama bagi masyarakat miskin yang makin banyak pindah ke kota,” ujarnya Senin (26/1/2015).

Sumber: cnn