Red Wine dan Kacang Tanah Cegah Pikun [DM]

Red Wine dan Kacang Tanah Cegah Pikun

PinkKorset.com – Segelas red wine atau segenggam kacang tanah mengandung antioksidan untuk mencegah kepikunan.

Menurut riset teranyar, kacang tanah, beberapa jenis buah berry, anggur merah maupun red wine mengandung antioksidan penting yang melindungi sel dari kerusakan terkait usia. Senyawa yang ditemukan pada makanan ini bahkan bisa membuktikan peran penting untuk melawan penyakit Alzheimer.

Resveratrol sudah dikenal luas untuk kemampuannya mencegah penyakit jantung. Namun, tim ilmuwan Amerika juga meyakini, senyawa ini memiliki efek positif pada hippocampus, bagian penting di otak yang berperan sebagai daya ingat, kemampuan belajar dan mengatur suasana hati.

Penelitian ini dipimpin oleh Ashok K. Shetty, Profesor di Departemen of Molecular and Cellular Medicine sekaligus Direktur Ilmu Saraf, Institute of Regenerative Medicine, Texas.

Menurutnya, baik manusia dan hewan menunjukkan penurunan kapasitas kognitif setelah usia paruh baya. Temuan ini pun nantinya diharapkan bisa digunakan untuk mengobati turunnya daya ingat pada orang tua. Resveratrol bahkan mungkin dapat membantu orang yang menderita kondisi neurodegenerative parah seperti penyakit Alzheimer.

Dalam studi yang yang diterbitkan secara online di Scientific Report, dilaporkan bahwa pengobatan dengan resveratrol memiliki manfaat nyata dalam hal belajar, memori dan fungsi suasana hati pada tikus tua.

Menurut Shetty, hasil penelitiannya cukup mencolok.

“Riset menunjukkan bahwa tikus yang tidak menerima resveratrol, kemampuan belajar spasial sebagian besar tetap sama. Namun, kemampuan untuk membuat ingatan spasial baru secara signifikan menurun 22 – 25 bulan. “Sebaliknya, pembelajaran spasial dan memori meningkat pada tikus yang diberikan resveratrol.”

Shetty mengatakan neurogenesis, pertumbuhan dan perkembangan neuron, kira-kira naik dua kali lipat pada tikus yang diberikan resveratrol. Selain juga mengalami peningkatan microvasculature yang signifikan, peningkatan aliran darah, dan memiliki tingkat peradangan kronis di hippocampus yang lebih rendah.

“Studi ini memberikan bukti baru bahwa pengobatan resveratrol di akhir usia paruh baya dapat membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi suasana hati di usia tua,” kata Shetty.