Si Bocah Yang Lebih Jenius dari Einstein [st]

Si Bocah Yang Lebih Jenius dari Einstein

PinkKorset.com, London – Bocah berusia 12 tahun ini lebih jenius ketimbang Albert Einstein dan Stephen Hawking. Namanya Thomas Frith.

Thomas yang belajar membaca sendiri saat berusia dua tahun memiliki skor IQ 162, lebih tinggi ketimbang Hawking dan Einstein. Seperti Hawking, Einstein diperkirakan memiliki IQ 160.

Stasiun televisi Inggris, Channel 4, melalui sebuah acara bernama Child Genius yang bekerja sama dengan British Mensa, akan menayangkan kejeniusan Thomas di babak final.

Acara tersebut mengadu anak-anak jenius berusia 7-12 tahun. Mereka harus menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit di berbagai kategori, mulai umum hingga logika dan reasoning.

Menurut suratkabar Daily Telegraph di London, Thomas bisa bermain piano, cello, trombone dan bassoon hingga level lima. Ia suka membaca ensiklopedia dan buku-buku mengenai Tudor dan Mesir Kuno, serta geologi dan sains.

Ia selalu suka bermain catur dengan dua lawan sekaligus atau dikenal sebagai ‘double chess’. Serta suka olah raga sepak bola, tenis meja, rugby. Hobi lain Thomas adalah memasak.

Bocah ini tinggal di Kota Leeds. Suratkabar setempat, Wharfedale Observer menulis, Thomas bisa membaca satu halaman dalam waktu 10-30 detik. Ia juga disebut lulus matematika level-A, untuk anak SMU, saat berusia 10 tahun.

Sang ibu, Deborah, juga punya cerita spesial mengenai putranya saat usianya baru dua tahun. Thomas pernah terbangun tengah malam dan berkata pada ibunya, ia menghitung hingga 503.

“Saya memintanya tidur lagi dan menghitung dalam Bahasa Prancis. Saat ia selesai melakukannya, saya minta dia menghitung mundur dalam Bahasa Jerman,” kata Deborah.

Ayah Thomas yang seorang sarjana fisika dan bekerja sebagai pemrogram komputer, meninggal dunia karena leukimia saat si bocah masih berusia 22 bulan.

Meski secara akademik Thomas sudah mendahului teman-temannya, Deborah berusaha keras agar putranya ini tetap memiliki masa kecil yang menyenangkan.