Academic Alliance Komprehensif Pertama di RI

PinkKorset.com, Jakarta – Program Academic Alliance menjadi bagian pembinaan calon pengambil keputusan dan para ahli pengelolaan data.

NetApp dan Binus International University (BIU) menandatangani nota kerja sama program Academic Alliance komprehensif pertama di Indonesia sekaligus di negara-negara ASEAN.

“Kami melihat adanya peningkatan kebutuhan akan tenaga ahli terkait data di industri, terutama di Indonesia. kerja sama ini adalah komitmen kami memberdayakan negara ini dengan mendidik bakat muda dari generasi penerus,” kata Ana Sopia, Country Manager NetApp Indonesia saat jumpa pers di Jakarta.

Peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia, pertumbuhan penyebaran teknologi 4G LTE dan meningkatnya jumlah perangkat yang terhubung ke internet menghasilkan tren shared infrastructure melalui komputasi cloud dan big data.

Melalui kerja sama program Academic Aliance, BIU memasukkan bahan pengajaran mengenai penyimpanan dan pengelolaan data NetApp,

Bahan pengajaran ini ditanamkan dalam kurikulum program Business Information Systems melalui mata kuliah Business Computing Infrastructures and Communication, sebagai mata kuliah wajib untuk mahasiswa tahun kedua dan ketiga.

Kurikulum ini mulai diterapkan secara efektif pada September 2015. NetApp akan menyediakan pelatihan, tools, dan bahan-bahan kepada fakultas dan pengajar BIU untuk implementasi kurikulum dan bahan ajar baru kepada mahasiswa.

Seluruh konten, bahan dan tools ini disediakan NetApp secara gratis.

“Dengan kerja sama ini diharapkan dapat mengakomodasi mahasiswa untuk memiliki kemampuan mengelola data besar dalam lingkungan cloud. Tak hanya itu, diharapkan para lulusan mampu menduduki level pengambil keputusan di industri ini serta bersaing dalam pasar bebas ASEAN,” kata Samuel Mahatmaputra, Head of Business Information System Program, BIU pada kesempatan acara yang sama.

Program NetApp Academic Alliances membantu mahasiswa teknologi informasi mempelajari teknologi, terminology dan kemampuan dalam mengelola data jumlah besar dengan on promise maupun di cloud.

Program ini juga menyediakan portofolio bahan pengajaran, termasuk sesi kuliah berbasis web, simulasi perangkat lunak dan 30 jam sesi pembelajaran yang mengarah pada sertifikasi teknis dari NetApp.