Tujuh Manfaat Hidrogen Peroksida [google]

Tujuh Manfaat Hidrogen Peroksida

PinkKorset.com – Hidrogen peroksida menjadi bahan kimia multi manfaat untuk kebutuhan rumah tangga. Apa saja yang bisa dilakukan dengan zat kimia ini?

Hidrogen peroksida (H2O2) adalah asam lemah yang berguna sebagai pemutih. Bahan kimia ini memiliki efek oksidasi kuat.

Senyawa ini lazim terdapat dalam komposisi bahan kimia dalam rumah tangga. Hydrogen peroksida biasanya dijual dengan konsentrasi 3-10%. Bahan kimia ini tersedia di rumah sebagai antiseptik.

Anda bisa menggunakan hidrogen peroksida, setidaknya untuk tujuh kegunaan berikut ini.

Membersihkan Celah Lantai

Pembersih lantai biasa akan mengikis celah lantai dan menghasilkan asap hasil reaksi. Hydrogen peroksida mampu membersihkan tanpa merusaknya. Semprotkan bahan kimia ini dan diamkan selama 30 menit. Kemudian sikat seperti biasa.

Disinfektan Sayur dan Buah

Kombinasikan hidrogen peroksida (konsentrasi 3%) dan cuka putih untuk membersihkan sayuran dan buah-buahan. Ilmuwan dari Virginia Polytechnic Institute & State University menyatakan kombinasi ini mampu membunuh bakteri E.coli, listeria, dan salmonella.

Melindungi Kebun

Hidrogen peroksida bisa dijadikan insektisida dan fungisida pada tanaman. Campurkan 28,3 gram hidrogen peroksida (konsentrasi 40%) dan 3,7 liter air bersih. Campuran ini bisa digunakan untuk menyemprot daun dan akar tanaman untuk menghindarkan serangga dan jamur.

Memutihkan Gigi

Larutkan hidrogen peroksida (konsentrasi 3%) dengan air dalam jumlah sama. Oleskan di gigi dan usapkan perlahan dengan jari. Kemudian berkumur hingga bersih. Anda bisa melakukannya sehari sekali selama dua pekan. Perlu diingat, bahan kimia ini bersifat abrasif atau dapat mengikis gigi.

Menghilangkan Noda

Hidrogen peroksida (konsentrasi 3%) dapat menghilangkan noda membandel di pakaian, termasuk bercak darah. Kombinasikan 1 sendok teh hidrogen peroksida, cream of tar-tar atau pasta gigi (non-gel). Gosokkan campuran ini pada noda hingga terangkat. Selanjutnya, cuci seperti biasa. Perlu diperhatikan saat membershkan pakaian berwarna, bahan ini bersifat sebagai pemutih.

Pembersih Kuas Rias

Kuas rias yang kotor menyulitkan merias wajah. Anda bisa membersihkan kuas dengan merendam larutan hidrogen peroksida dan air selama 5 menit. Ulangi setiap pekan untuk menjaga kebersihan kuas rias.

Melawan jamur dan lumut

Anda bisa mengusir lumut di lantai kamar mandi maupun jamur di tirai kamar mandi dengan menyemprotkan hidrogen peroksida (konsentrasi 3%). Setelah disemprot, didiamkan 10 menit, lalu digosok ringan dan dibilas.