Suka Manis? Perbanyak Makan Salmon! [eatsomethingsexy]

Suka Manis? Perbanyak Makan Salmon!

PinkKorset.com – Anda suka makanan dan minuman manis? Segera perbanyak asupan salmon untuk menyeimbangkannya.

Hal ini merupakan kesimpulan studi yang dilakukan ilmuwan dari University of California (UCLA). Periset menemukan ratusan gen berubah di otak karena rusak oleh fruktosa. Ini bisa menimbulkan diabetes, penyakit jantung dan Alzheimer.

Namun, diet kaya omega-3 atau docosahexaenoic acid (DHA) bisa membalikkan efek negatif fruktosa. Secara alami, otak manusia memproduksi DHA meski tak cukup banyak untuk memerangi penyakit-penyakit tersebut di atas.

“DHA bukan hanya mengubah satu-dua gen, tapi mendorong seluruh pola gen kembali ke normal. Ini luar biasa,” tutur penulis studi ini dan asisten dosen biologi integratif dan fisiologi di UCLA, Xia Yang.

Periset menggunakan sekelompok tikus yang dibagi dalam tiga kelompok secara acak. Kelompok pertama minum air gula setara seliter soda, kelompok kedua meminum air yang sama namun diberi diet kaya DHA, dan kelompok mengonsumsi air biasa tanpa diet.

Ketiga kelompok tikus itu diuji melewati labirin, enam pekan setelah penelitian dimulai. Kelompok dengan gula berlebih mengalami kerusakan memori. Selain peningkatan kadar gula darah, insulin, dan triglycerida.

Pada manusia, triglycerida berhubungan erat dengan obesitas dan diabetes. Kelompok dengan diet DHA menyelesaikan labirin sama cepatnya seperti kelompok yang mengonsumsi air biasa. Ini mengindikasikan, DHA mengeliminasi efek buruk fruktosa.

“Makanan seperti komponen farmasi yang mempengaruhi otak,” kata profesor bedah otak di UCLA yang juga ikut menulis studi ini, Fernando Gomez-Pinilla.

Meski hasil ini menggembirakan, para ilmuwan ini tetap tak menyarankan Anda gila-gilaan mengonsumsi makanan manis dan minuman soda. Namun jika Anda ingin melakukannya sesekali, tak ada salahnya makan salmon dalam waktu dekat.