Usaha Kuliner Berbasis Terigu [nytimes]

Usaha Kuliner Berbasis Terigu

PinkKorset.com, Jakarta – Masih bingung usaha kuliner? Mulailah dari dapur rumah, dengan bahan dasar yang mudah diperoleh.

Praktisi Kuliner Yeni Ismayani mengatakan, usaha kuliner dapat dimulai dari dapur rumah. Lakukan dari hal kecil dan sederhana lalu dikembangkan.

Ia menyarankan resep yang menggunakan bahan terigu. Selain sederhana dan mudah diperoleh, bisnis dengan bahan dasar terigu juga cukup mudah dan murah.

“Dari satu bahan ini dapat dikembangkan menjadi aneka produk makanan. misalkan saja cake, donat, pizza, bakpau, gorengan dan masih banyak lagi,”ujarnya di Jakarta baru-baru ini.

Mengapa kuliner?

Marketing Communication Manager KidZania Dada Sabra Sathilla mengatakan dunia kuliner selalu menjadi primadona dalam bisnis mengingat makanan adalah kebutuhan primer. Namun, dibutuhkan upaya lebih karena dunia usaha semakin kompetitif.

Di tengah ketatnya persaingan, ciptakan peluang. Caranya cari usaha paling mudah dan murah.“Bukan mencari peluang tetapi menciptakan peluang. Salah satu usaha kuliner paling mudah dan murah adalah yang memiliki bahan dasar terigu.”

Bagaimana bila gagal?

Yeni menuturkan, dalam berbisnis sulit menghindar dari kegagalan. Dari sinilah mental pengusaha ditempa menghadapi setiap masalah untuk mencapai kesuksesan. “Kalau dengan cara ini gagal maka lakukan dengan cara lain. Kuncinya tetap berusaha dan tidak berhenti pada hal yang sama,” ujarnya.

Ini pula alasan pentingnya menanamkan jiwa wirausaha sejak muda, karena pengalaman dapat menguatkan mental berbisnis. “Seringkali berjualan tapi gengsi atau malu dan minta dijualkan orang lain,” katanya.

Ia mencontohkan perjuangan dirinya berbisnis sejak bersekolah di SMK. Memilih kue Black Forest, perempuan berusia 40 tahun tersebut mengaku butuh perjuangan dan gagal berkali-kali hingga akhinya sukses mendapatkan resep Black Forest yang bagus.

Namun, perjuangannya tidak sia-sia, terutama setelah pesanan datang membanjirinya. “Ketika masuk kuliah, saya pernah sebulan penuh menerima pesanan Black Forest sampai 200 loyang,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Yeni mendemokan contoh produk usaha berbasis terigu, yakni Marshmallow Choco Cookies dan Fruit Cake.