Makanan Pencegah Rambut Rontok [yuki]

Makanan Pencegah Rambut Rontok

PinkKorset.com – Anda mengalami kerontokan rambut? Beberapa makanan ini dapat mengurangi risiko tersebut.

Perempuan yang mengalami kerontokan rambut biasanya ditandai kadar zat besi dan vitamin D2 yang rendah. Bayam dengan kombinasi jamur maupun telur dapat meningkatkan dua nutrisi mikro tersebut. Vitamin C pada bayam juga membantu tubuh menyerap zat besi lebih optimal.

Lengkapi diet Anda dengan pemenuhan seng (zinc). Salah satu mineral ini memperlambat kerontokan rambut. Kandungan seng paling banyak terdapat pada kerang tiram (oyster). Ada pula makanan lain yang mengandung seng, seperti biji bunga matahari, kacang polong, wheat germ dan oatmeal.

Kacang dan biji-bijian juga membantu mengurangi kerontokan rambut. Bahan makanan tersebut mengandung omega-3 dan omega-6. Penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Cosmetic Dermatology (2015) menemukan, sebanyak 90% responden mengaku kerontokna rambut berkurang, 86% merasa pertumbuhan rambut meningkat dan 87% rambut lebih tebal setelah mengonsumsi suplemen omega-3, omega-6 serta antioksidan selama enam bulan.

Rambut memerlukan nutrisi protein untuk memproduksi keratin, pelapis rambut agar terlihat kuat dan bersinar. Anda dapat mengasup protein dari salmon karena mengandung asam lemak omega-3 dan berbagai vitamin.

Minyak nabati dari biji labu (pumpkin seed), rosemary dan kelapa diketahui menyimpan kemampuan menyehatkan rambut. Misalnya sebuah penelitian menunjukkan laki-laki dengan kerontokan rambut yang diberi asupan 400 mg minyak labu selama 24 pekan mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebesar 40%.

Tidak hanya dikonsumsi, minyak kelapa dapat dioles pada rambut untuk mencegah kehilangan protein dan minyak rosemary meningkatkan pertumbuhan rambut setara dengan obat penghambat kebotakan, Minoxidil.

Sementara penggunaaan madu secara topikal memperbaiki tampilan rambut tipis. Formula 90% madu dan 10% air dapat mengurangi kerontokan rambut pada pasien seborrheic dermatitis setelah empat pekan.

Selain itu, kombinasi ekstrak rumput laut (laminaria japonica) dan bunga cistanche tubulosa dalam suplemen dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan intensitas ringan hingga sedang.