Ini Sebabnya Hair Styling Merusak Rambut [PinkKorset]

Ini Sebabnya Hair Styling Merusak Rambut

PinkKorset.com, Jakarta – Umumnya penataan rambut atau hair styling menggunakan alat pemanas yang berisiko tinggi merusak rambut.

Penataan rambut alias hair styling tidak terlepas dari alat pemanas rambut seperti hair dryer, catok hingga pengeriting rambut. Semua alat ini menghasilkan panas yang sangat tinggi mencapai 150 derajat Celsius sehingga mudah membentuk rambut sesuai keinginan. Namun, panas tinggi mampu merusak hingga struktur bagian dalam batang rambut.

Struktur rambut terdiri atas kutikula, korteks dan medula. Bentuk kutikula seperti sisik bertumpuk yang melapisi korteks. Di dalam korteks berisi protein rambut (keratin) yang mengatur kekuatan rambut, serat dan pigmen rambut.

Ahli Kesehatan Kulit dan Kelamin, dr. Gloria Novelita SpKK mengatakan, kesehatan rambut tergantung kutikula. Bila bagian ini terawat rambut terlihat berkilau dan halus disisir. Kutikula sehat terlihat rapat untuk melindungi bagian rambut terdalam dari paparan panas hingga bahan kimia.

“Kutikula terbuka saat rambut basah dan mudah rusak dengan alat hair styling,” ucapnya saat Media Talk Ellips Hair Vitamin di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Panas yang dihasilkan alat hair styling meningkatkan suhu air di akar rambut. Panas tiba-tiba ini memicu air di akar rambut menjadi uap dan membentuk gelembung tekanan tinggi di batang rambut. Alhasil rambut menjadi rapuh dan mudah patah.

Terlebih lagi para perempuan terbiasa menggunakan alat-alat hair styling. PR Manager PT Kino Tbk., Yuna Eka Kristina menjelaskan, penelitian pada 2017 yang melibatkan 11.000 responden ini menunjukkan 40% perempuan terbiasa menggunakan alat pemanas rambut. Bahkan terjadi peningkatan 5% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini juga dipicu tingginya pemakai hijab yang berkontribusi membeli hair dryer. Rata-rata pengguna hair dryer mengeringkan rambut 1-2 kali sehari.

“Bayangkan saja jika setiap hari rambut terkena panas hair dryer. Belum lagi paparan sinar matahari di negara tropis ini,” sambungnya.

Untuk mengurangi panas hair dryer dapat mengatur jarak rambut dan alat hingga 15 cm serta gunakan corong. Namun, untuk meminimalkan kerusakan rambut akibat hair styling dapat melakukan perawatan internal dan eksternal.

Ini Sebabnya Hair Styling Merusak Rambut

[Ellips Vitamin Rambut]

Dr. Gloria menjelaskan, perawatan internal berupa konsumsi makanan untuk menutrisi rambut (vitamin A, C dan pro vitamin B5). Sementara perawatan eksternal yakni menggunakan vitamin perlindungan rambut.

Salah satu produk vitamin rambut yakni Ellips Hair Vitamin. Produk yang dikemas dalam soft gel ini mengandung pro keratin kompleks (pro vitamin B5, keratin dan multivitamin kompleks). Ellips berbentuk minyak yang mudah diserap rambut dan membentuk lapisan dari bahaya panas hair styling.

“Soft gel Ellips satu-satunya yang bersertifikasi halal kendati mengandung gelatin,” ucapnya.

Ellips ideal digunakan setelah keramas dan rambut dalam keadaan setengah kering atau dioleskan sebelum menggunakan hair dryer, catok dan alat hair styling lainnya.