Yuk, Kenali Jenis Humidifier [wikihumidifier]

Yuk, Kenali Jenis Humidifier

PinkKorset.com – Alat pelembab ruangan ini banyak dijual di pasaran. Ada beragam tipe humidifier sesuai dengan kebutuhan.  

Perangkat pelembab ruangan atau humidifier ini berguna untuk meningkatkan kadar uap air dalam ruangan. Tingkat kelembaban udara diukur menggunakan higrometer. Kelembaban ruangan ideal berkisar 40%-60%.

Kelembaban udara yang rendah memicu beragam masalah kesehatan. Misalnya saja menimbulkan kulit kering, sinus, sakit kepala, iritasi tenggorokan, hidung berdarah, iritasi pita suara, batuk kering, bibir pecah-pecah dan memperburuk gejala alergi.

Oleh karena itu, muncul humidifier untuk meningkatkan kelembaban udara ruangan. Berdasarkan ukuran, humidifier terbagi menjadi tiga jenis yakni sentral, konsol dan portabel (personal).

Humidifier tipe sentral dipasang langsung dengan unit pendingin ruangan maupun pemanas di seluruh ruang. Kemudian tipe konsol berbentuk besar yang ditempatkan di sebuah ruangan untuk melembabkan udara sekitar saja, sedangkan tipe portabel berukuran kecil dan mudah dipindahkan.

Berdasarkan cara kerjanya, alat ini dikelompokkan menjadi empat jenis, antara lain evaporator, impeller humidifier, steam vaporizer dan ultrasonic humidifier.

1. Evaporator

Humidifier tipe ini sering disebut dengan air cooler. Alat ini meningkatkan kelembaban udara sekaligus menurunkan suhu ruang 5-10 derajat Celsius. Sesuai namanya, kelembaban udara ini dihasilkan dari saringan atau kain basah yang dihembuskan kipas angin.

2. Impeller humidifier

Alat ini menghasilkan percikan halus air dari disk yang berputar pada kecepatan tinggi. Seperti evaporator, alat ini juga menghasilkan hawa sejuk.

3. Ultrasonic humidifier

Berbeda dengan impeller humidifier, perangkat ini menghasilkan percikan air lebih halus seperti kabut yang dihasilkan getaran ultrasonic. Alat ini banyak sekali dijual dalam bentuk kecil dan portabel. Beberapa tipe mini dapat dipasang langsung dengan botol air mineral.

4. Steam vaporizer

Perangkat ini memanaskan air dan mendinginkannya sebelum dihembuskan ke udara. Steam vaporizer cenderung lebih berbahaya ketimbang humidifier lain karena berpotensi tinggi kebakaran.

Belum Ada Berita Terkait