Siasat Pacu Aktivitas Anak di Era Digital [emaze]

Siasat Pacu Aktivitas Anak di Era Digital

PinkKorset.com, Jakarta – Perkembangan era digital saat ini memasung aktivitas fisik anak. Namun, Anda bisa menyiasatinya.

Spesialis Gizi Klinik dr. Cindiawaty J. Pudjiadi MARS, MS, SpGK menjelaskan, anak pada usia sekolah dasar, yakni 6-12 tahun, membutuhkan tidak hanya asupan nutrisi seimbang, lengkap dan cukup istirahat. Namun juga olahraga teratur serta aktif beraktivitas fisik.

“Hal ini karena mereka mengalami perkembangan motorik yang kompleks, koordinasi otot yang pesat dan kemampuan berpikir logis serta kritis,” ujarnya di Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Namun, anak-anak di era digital saat ini makin jarang ke luar rumah dan malas olahraga. Salah satunya karena keberadaan gawai seperti ponsel pintar dan komputer tablet.

“Anak saya malas waktu dia kecil dan berat badannya berlebih. Jajan ya gorengan, disuruh olahraga banyak alasan,” sambungnya.

Lalu, bagaimana menyiasatinya?

Dr. Cindi menyarankan agar kebiasaan bermain gawai dapat mendorong anak mau melakukan aktivitas luar ruangan dan mendapat paparan sinar matahari yang cukup.

Ia mencontohkan permainan Pokemon Go yang sempat ramai diperbincangkan beberapa waktu lalu. Permainan itu, menuntut anak untuk berjalan kaki jika mau mengumpulkan Pokemon.

“Itu lumayan bagus untuk mengajak anak bergerak di luar, tidak hanya di rumah. Karena main Pokemon juga enggak bisa sambil naik mobil,” ujarnya.

Sedangkan Brand Associate HiLo Michael Brian menuturkan, menjawab tantangan perkembangan anak masa kini yang semakin digital savvy, pihaknya mengembangkan HiLo School Draw and Play 2, aplikasi permainan berteknologi augmented reality yang memuat konten edukasi olahraga.

“Aplikasi ini dilengkapi permainan yang memacu anak beraktivitas fisik. Sehingga mereka memiliki gaya hidup sehat dan bisa tumbuh ke atas, enggak ke samping,” sambungnya.

Untuk mengampanyekan gaya hidup sehat ini HiLo juga mengadakan HiLo School Drawing Competition 2018 di 63 kota di 34 provinsi di Indonesia.

Lomba menggambar dan mewarnai tingkat sekolah dasar se-Indonesia ini berhadiah uang tunai dan paket wisata gratis Universal Studio Singapore.

Untuk informasi lengkap seputar detail dan jadwal kegiatan roadshow HiLo School, kunjungi website www.HiLo-School.com; www.facebook.com/susuhiloschool atau follow Instagram @hilo_school.

Belum Ada Berita Terkait