Segudang Manfaat Tamasya bagi Anak [google]

Segudang Manfaat Tamasya bagi Anak

PinkKorset.com, Jakarta – Mengajak anak tamasya tak hanya menyenangkan bagi anak tetapi juga mendukung tumbuh kembangnya.

Psikolog Keluarga dan Pernikahan @rumah.dandelion, Nadya Pramesrani, M.Psi menjelaskan, berdasarkan survei Family Travel Association (2016) anak usia Sekolah Dasar (6-12 tahun) paling ideal untuk tamasya atau liburan bersama orangtua.

“Hal ini sangat penting untuk meningkatkan bonding keluarga dan memberikan memori positif seumur hidup,” katanya saat peluncuran HiLo School Drawing Competition 2019 di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Bahkan memori positif yang dipupuk sejak dini memberikan kenangan baik anak terhadap orangtua. Sehingga saat anak beranjak remaja yang mulai berpikir kritis tidak mudah berselisih dengan orangtua. Risiko anak kabur dari rumah atau semakin jauh dari keluarga pun dapat diminimalkan.

Selain itu, tamasya mengajak anak ke lokasi yang berbeda budaya dan kebiasaan. Kondisi ini melatih kemampuan sosial dan adaptasinya.

“Hal ini penting untuk menghindari masalah sosial anak seperti salah satunya bullying,” sambungnya.

Tamasya sangat direkomendasikan di alam terbuka karena dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi, fisik dan daya tahan tubuh. Hal ini membantu anak-anak di perkotaan yang banyak mengalami gangguan konsentrasi akibat terlalu banyak interaksi di dalam ruangan.

Segudang Manfaat Tamasya bagi Anak

Selaras dengan segudang manfaat tamasya, HiLo School mengajak anak-anak berlibur gratis ke Singapura melalui HiLo School Drawing Competition (HSDC). Kompetisi ini tersedia kategori lomba mewarnai (kelas 1-3 SD) dan lomba melengkapi gambar (kelas 4-6 SD). Rangkaian roadshow HSDC digelar Januari hingga Mei 2019 di 63 kota di 34 provinsi Indonesia.

Brand Specialist HiLo School Michael Brian menuturkan, memasuki tahun ketujuh, HSDC menjangkau 2 juta anak Indonesia di 10.000 sekolah. Bekerja sama dengan Singapore Tourism Board, pemenang HSDC 2019 mendapat paket wisata edukatif ke Singapura dan total hadiah uang tunai Rp150 juta. Destinasi ini meliputi Gardens by the Bay, Rainforest Lumina, River Safari, Sentosa dan Universal Studios Singapore.

“HiLo School percaya traveling efektif mendukung tumbuh kembang anak, khususnya sisi kognitif, emosional dan fisiknya, serta mempererat hubungan anak dan orang tua,” katanya.

Informasi lebih lengkap kegiatan HiLo School dapat membuka laman ini.