Android Raih Pangsa Pasar 3% Tiap Kuartal di Tiongkok Foto: berbagai sumber

Android Raih Pangsa Pasar 3% Tiap Kuartal di Tiongkok

PinkKorset.com, Beijing – Android mengalami pertumbuhan yang cukup stabil di Tiongkok, dengan kenaikan 3% tiap kuartal untuk pangsa pasar.

Pertumbuhan Android yang stabil terutama didukung merek lokal yang lebih murah. Berdasarkan riset Kantar Worlpanel ComTech, konsumen di Tiongkok masih mementingkan nilai akhir untuk hal terkait uang.

Mengingat banyak perangkat Android menawarkan pengalaman serupa untuk pengguna, konsumen lebih fokus pada perangkat yang biayanya lebih efektif.

Sementara itu, penjualan Apple turun hampir 50% pada kuartal tiga 2013, dibandingkan kuartal sebelumnya. Salah satu pemicunya adalah banyak spekulasi tentang iPhone 5s dan 5c sebelum peluncuran resminya. Hal ini berdampak negatif terhadap penjualan iPhone pada Q3, karena konsumen memilih untuk menunda mengganti ponselnya dengan model-model baru.

Selain itu, hanya seperempat penjualan Smartphone terjadi melalui saluran online pada kuartal tiga 2013. Meskipun penjualan online biasanya menawarkan harga yang lebih baik, namun kemampuan untuk menguji ponsel secara langsung merupakan faktor pengambilan keputusan pembelian bagi konsumen Tiongkok.

Hal ini perlu diperhatikan produsen dan jaringan ritel terkemuka untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif.