BI: Mata Uang ASEAN Lahir 30 Tahun Lagi

PinkKorset.com, Bandung – Bank Indonesia (BI) memprediksi mata uang bersama ASEAN akan lahir dalam 30 tahun mendatang. Fungsinya akan sama dengan mata uang euro di Uni Eropa.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Difi Johansyah mengatakan, mata uang Asean itu akan mempersatukan komitmen kerjasama negara Asean. “30 tahun depan siapa yang tahu ada yang namanya mata uang Asean,” ujarnya, Sabtu (7/12/2013).

Difi menilai lahirnya satu mata uang baru di sebuah benua, seperti Uni Eropa, sebenarnya bukan hal fenomenal. Ia pun melihat, potensi adanya mata uang bersama untuk Asean bisa terjadi kapan saja. Hal itu dilihat dari fungsi mata uang di dalam pasar bebas mendatang.

“Ketika pasar globalisasi terus berkembang, maka potensi terbitnya mata uang antar kawasan akan terjadi dengan baik. Itu yang membuat para pemangku jabatan di kawasan ASEAN yang berpikir perlu adanya mata uang di kawasan ASEAN,” ujarnya.

Seperti diketahui, Uni Eropa meluncurkan mata uang tunggal Euro pada 1 Januari 1999. Hal tersebut dianggap sebagai suatu tonggak bersejarah dalam perjuangan panjang untuk menyatukan Eropa.