Parade ASEAN 50

Memperingati hari lahir Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) ke-50, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengadakan Parade ASEAN 50 di Jakarta.

Kemenlu RI menghadirkan Parade ASEAN 50 yang digelar pada 27 Agustus 2017 bertepatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) di Jakarta. Gelaran ini menampilkan pertunjukkan aneka kostum, tarian dan gerak, musik, marching bands, atraksi serta keterampilan lainnya.

Rangkaian parade yang melibatkan 2.000-3.000 peserta ini bergerak sepanjang 3,4 km dari Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia dan berakhir di Patung Jenderal Sudirman, Jakarta.

Parade ASEAN 50 bertujuan menampilkan keunikan dan kekayaan budaya ASEAN sekaligus meningkatkan kesadaran serta keterlibatan masyarakat dalam ASEAN. Tak hanya itu, aneka kuliner ASEAN dan ragam informasi tentang peluang kerja sama ASEAN bagi masyarakat Indonesia juga tersedia.

ASEAN didirikan pertama kali pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand oleh lima negara Asia Tenggara, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Filipina. Organisasi ini bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, pengembangan kebudayaan negara-negara anggota dan memajukan perdamaian tingkat regional.

Informasi lengkap acara ini dapat dilihat di sini.

Parade ASEAN 50