BI Tiadakan Layanan Kliring 25-26 Desember Foto: kompas

BI Tiadakan Layanan Kliring 25-26 Desember

PinkKorset.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) meniadakan layanan kliring, “real time gross settlement (RTGS)”, “scripless securities settlement system (SSSS)” dan layanan kas pada 25 dan 26 Desember 2013 terkait libur dan cuti bersama Natal.

Menurut keterangan BI Jumat (20/12/2013), pada 27 hingga 30 Desember 2013, layanan kliring, BI-RTGS dan BI-SSSS akan beroperasi secara normal.

Sedangkan pada 31 Desember 2013, layanan kliring beroperasi secara terbatas, dimana kliring kredit hanya dilakukan sampai siklus pertama, sementara siklus kedua ditiadakan.

Kliring debet juga ditiadakan, kecuali wilayah Jakarta dan Surabaya tetap beroperasi terbatas pada layanan kliring pengembalian. Adapun BI-RTGS dan BI-SSSS akan beroperasi dengan jadwal yang telah ditentukan.

Pada 2 Januari 2014, layanan kliring juga beroperasi terbatas, di mana kliring debet beroperasi normal, namun kliring pengembalian untuk wilayah kliring Jakarta dan Surabaya ditiadakan. Mekanisme penyediaan pendanaan awal untuk kliring debet dan kliring kredit diadakan sesuai jadwal berlaku.

Pada 3 Januari 2014, seluruh kegiatan layanan kliring akan beroperasi secara normal.