Inilah Empat Orang Terkaya China 2013

PinkKorset.com, Beijing – Negeri Tirai Bambu terus mencetak orang-orang terkayanya. Siapa yang menempati empat besar terkaya di China tahun ini?

Robin Li, pendiri dari perusahaan mesin pencari terbesar di China, Baidu Inc. tercatat sebagai orang terkaya di China 2013, dengan kekayaan sebesar US$12,231 miliar. Demikian menurut Bloomberg Billionaire Index, Rabu (4/12/2013).

Sementara, Wang Jianlin, pendiri Dalian Wanda Group, pengembang real estate terbesar China, berada di posisi kedua, dengan  peningkatan kekayaan sebesar US$2,9 miliar menjadi US$12,16 miliar. Wanda Group memiliki  71 pusat belanja Wanda dan 40 hotel bintang lima. Wang Jianlin juga menjadi pebisnis operator bioskop terbesar dunia setelah membeli AMC Entertainment Holdings senilai  US$ 2,6 miliar pada 2013.

 Namun, kemungkinan Wang bisa berada di posisi puncak terkaya China, setelah menjual saham di AMC Entertainment Holdings Inc, jaringan film Amerika Serikat. Pekan ini, AMC mengatakan berencana melakukan IPO dan menargetkan bisa mengantongi dana segar hingga US$368 juta.

Di tempat ketiga terkaya di China, adalah Zong Qinghou dengan kekayaan US$12 miliar. Zong adalah pengusaha, pendiri dan CEO HangZhou Wahaha Group, perusahaan minuman terkemuka di China. 

Adapun keempat terkaya adalah Ma Huateng pendiri dari Tencent Holdings dengan nilai kekayaan US$11,5 miliar.