6 Tanda Persahabatan yang Sehat [huffpost]

6 Tanda Persahabatan yang Sehat

PinkKorset.com, Jakarta – Anda begitu dekat dan akrab dengan sahabat. Tapi apakah hubungan itu sehat?

Menjalin persahabatan juga membutuhkan usaha sebagaimana sebuah hubungan percintaan. Anda dan sahabat juga bakal ‘diuji’ yang bisa mempererat atau sebaliknya, malah mengakhirinya.

Lalu apakah hubungan Anda dan sahabat berjalan dengan sehat dan baik? Ini dia ciri-cirinya.

Berdasar Pada Kejujuran

Rasa nyaman bersahabat dengan seseorang membuat Anda cenderung mempercayakan segalanya pada dia. Saat bersama sahabat, Anda cenderung mengeluarkan sisi terbaik dibanding ketika berhadapan dengan orang lain. Anda dan sahabat saling tahu kekurangan dan tetap menerima apa adanya.

Ini sebabnya persahabatan yang sehat dilandasi keterbukaan dan kejujuran. Sahabat takkan berbohong jika tahu hal tersebut akan menyakiti perasaan Anda dan merusak hubungan. Kejujuran akan memberikan kenyamanan pada persahabatan itu.

Berargumen dengan Sehat

Tak ada salahnya berdebat atau berargumen, tapi harus dengan cara yang sehat. Mengungkapkan perbedaan pendapat menunjukkan Anda dan sahabat memiliki komunikasi yang jujur. Tapi jangan biarkan perbedaan itu menjadi ketegangan dan perselisihan. Meski beda pendapat, terpenting saling menghargai dan memaafkan.

Tidak Batasi Kehidupan Sosial

Tak melulu harus bersama-sama. Persahabatan yang sehat saling memberikan kebebasan satu sama lain untuk bersosialisasi dengan orang lain. Memiliki kesibukan terpisah tak selalu membuat hubungan renggang. Sebab, persahabatan yang kuat tak ubahnya sebuah rumah yang akan selalu Anda hampiri dan rindukan.

Saling Percaya

Pernah merasa khawatir curhat ke sahabat akan tersebar? Jawabnya pasti tidak. Ini karena rasa saling percaya antara Anda dan sahabat. Ini sangat penting. Tanpa kepercayaan, maka takkan ada hubungan yang berjalan dengan lancar.

Hargai Batasan

Hubungan persahabatan yang baik memiliki keseimbangan yang cukup di dalamnya. Artinya, tak ada kerinduan yang terlalu besar, perasaan tersisihkan atau terlalu dekat yang dirasakan hanya satu pihak. Ingat dan hargai batas-batas itu dan berikan kebebasan padanya.

Saling Menjaga

Dalam sebuah hubungan, sudah sepantasnya saling berinteraksi. Meski terhalang kesibukan sehari-hari, bukan berarti jadi lupa dan mengabaikan sahabat. Jika Anda saling tulus untuk menjaga hubungan itu, pasti akan mencari cara berinteraksi agar persahabatan langgeng. Di jaman modern ini, salah satu cara menjaga hubungan adalah saling berkomentar di media sosial.