Akhirnya Museum Picasso Buka Lagi [stay]

Akhirnya Museum Picasso Buka Lagi

PinkKorset.com, Paris – Museum Picasso yang kontroversial di Paris, Prancis, akhirnya dibuka lagi. Memangnya apa yang terjadi?

Berbagai masalah muncul sebelum museum tempat karya pelukis ternama dipajang itu buka kembali, akhir pekan lalu, setelah ditutup selama lima tahun.

Tadinya, bangunan dari abad ke-17 di wilayah Marais yang bersejarah di Paris itu dijadwalkan renovasi selama dua tahun dengan anggaran sebesar US$71 juta dolar. Jumlah itu menggandakan kapasitas bangunan dan modernisasi.

Namun, biaya membengkak dan butuh tambahan hingga 22 juta euro. Ini karena begitu banyak yang harus dikerjakan. Akibatnya, terjadi sengketa antara putra Picasso, Claude, dengan pemerintah Prancis.

Sengketa itu juga berujung pada Anne Baldassari yang menjadi direktur museum tersebut selama satu dekade, kehilangan pekerjaannya.

Galeri karya seni yang pertama dibuka pada 1985 ini memiliki koleksi karya-karya pelukis kelahiran Spanyol yang luar biasa itu. Yakni sekitar lima ribu lukisan, gambar, pahatan, keramik, foto, dan dokumen.