Bitcoin Fasilitasi Masyarakat RI Yang ’Unbankable’ [google]

Bitcoin Fasilitasi Masyarakat RI Yang ’Unbankable’

PinkKorset.com – Bitcoin Indonesia mengklaim pihaknya hanya medium untuk transaksi.

Chief Executive Officer (CEO) Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan mengatakan, Bitcoin sebenarnya adalah teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk memfasilitasi masyarakat Indonesia dalam bertransaksi, terutama mereka yang belum terlayani perbankan (unbankable).

“Misalnya orang-orang unbankable ini punya akun Bitcoin, dia bisa mendapatkan pembayaran dari Bitcoin. Bitcoin itu adalah media alat tukar. Setelah dia dapatkan, dia tukar ke rupiah. Orang Jepara yang menjual (produk) dengan Bitcoin, setelah dia dapatkan, dia tukar ke rupiah. Dan harga Bitcoin ditentukan dengan harga rupiah saat itu. Jadi, lebih tepat transaksinya dengan rupiah. Hanya mediumnya saja,” ujarnya.

Dalam pemaparannya di acara IDC Financial Insights di Jakarta, Selasa (9/9/2014), Oscar mengungkapkan bahwa masih ada 80% orang dewasa di Indonesia yang unbankable  karena berbagai alasan. “Kami ingin membantu orang-orang yg unbanked,” ujar Oscar.

Kendati Bitcoin bukan mata uang atau produk investasi, Oscar mengungkapkan bahwa Bitcoin memberikan kemudahan berupa pembayaran mikro yang lebih mudah untuk mengekspor barang.

Selain memudahkan penggunanya mengirim dan menerima uang dari negara asing, Bitcoin memudahkan masyarakat membeli piranti lunak asli lebih mudah. Pasalnya, membeli produk digital sulit bagi masyarakat yang tidak memiliki kartu kredit.