Cabai Cegah Makan Berlebih? Foto: DailyMO

Cabai Cegah Makan Berlebih?

PinkKorset.com, Jakarta – Cabai ternyata tidak hanya untuk penambah rasa pedas pada makanan, namun juga mencegah seseorang makan berlebih. Oh, ya?

Sebuah studi baru dari jurnal Appetite menunjukkan bahwa menambahkan cabai merah pada makanan dapat membantu mencegah Anda makan terlalu banyak .

Para ilmuwan di Maastricht University,  Belanda meminta 15 relawan rata-rata usia 30 tahun, untuk menjalani empat sesi tes berbeda berdurasi 36 jam.

Pada sesi pertama, mereka makan dengan kalori seperti biasa, terdiri dari minuman nutrisi shake, pate (hidangan pembuka dingin yang terbuat dari daging ayam, sapi, ikan dan hati yang dicincang halus dan diberi bumbu) serta jus tomat.

Pada sesi kedua, mereka menu makanan yang sama, tapi ditambahkan cabai sekitar 1,03 gram per hidangan. Baik untuk shake, pate dan jus tomat.

Dalam dua sesi terakhir, para peserta makan menu yang sama (satu kali dibumbui cabai dan satunnya tanpa cabai). Namun, dalam dua sesi ini, porsi makanan dikurangi. Mereka mengkonsumsi hanya 75% kalori dari sebelumnya.

Setelah setiap sesi, peserta diberikan pizza dengan cabai merah untuk jumlah tak terbatas. Mereka juga diminta untuk mencatat banyaknya pizza yang dikonsumsi.

Lalu, apa hasilnya ?

Peserta makan pizza 30% lebih sedikit, setelah mereka mengkonsumsi menu dengan kalori yang lebih ‘pedas’, dibandingkan ketika mereka tidak makan cabai sama sekali. Mereka juga melaporkan merasa lebih kenyang.

Sementara bagi kelompok dua sesi terakhir, dengan jumlah kalori hanya 75% dari sebelumnya, efeknya tidak terlalu signifikan.

Para peneliti mengatakan bahwa cabai dapat membantu Anda mencegah makan berlebihan karena sifat pedasnya. Namun, hal ini hanya berlaku bila Anda mengkonsumsi kalori dalam jumlah normal.

Dengan kata lain, pedasnya cabai atau paprika, membuat Anda cenderung menikmati rasa yang lebih tajam, dan ini membantu Anda memperlambat makan sehingga konsumsi yang masuk pun lebih sedikit.

Sedangkan bagi Anda yang sedang diet kalori, ada tidaknya cabai dalam menu, tidak terlalu signifikan mencegah Anda makan berlebih.