Jackie Chan Jadi Duta Pariwisata RI [jackie chan]

Jackie Chan Jadi Duta Pariwisata RI

PinkKorset.com, Jakarta – Aktor asal Hongkong Jackie Chan tampaknya bakal rajin mempromosikan pariwisata Indonesia. Terutama setelah ia didapuk menjadi duta pariwisata RI khusus untuk pasar Tiongkok.

Direktur Promosi Pariwisata Luar Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Niscaya mengatakan, Jackie Chan diangkat menjadi duta pariwisata Indonesia khusus untuk pasar Tiongkok.

Pemerintah Indonesia secara resmi akan mengangkat aktor kelahiran Victoria Peak, Hongkong 7 April 1954 ini sebagai duta pariwisata Indonesia dalam sebuah acara di Guang Zho, Tiongkok.

“Penobatan secara resmi akan dilakukan pada 30 Agustus 2014 dalam acara China International Travelmart di Guang Zho,” katanya di Jakarta, Selasa (29/7/2014).

Pada kesempatan itu, Jackie yang juga penyanyi Cantopop dan Mandopop itu nantinya akan menyanyikan lagu Bengawan Solo yang selama ini dikenal luas publik Tiongkok.

Lagu Bengawan Solo versi Mandarin yang dinyanyikan Jackie Chan akan direkam dan bisa diunduh secara gratis di situs cn.indonesia.travel.

Aktor yang sudah tampil dalam sedikitnya 100 judul film itu pun akan turut serta mempromosikan pariwisata Indonesia dalam setiap kegiatannya.

Kementerian Pariwisata memilih aktor laga yang mendalami seni peran sejak era 1970-an tersebut karena kepopulerannya tak hanya di Asia namun juga di dunia internasional.

“Ini akan sangat menguntungkan bagi Indonesia dan kami harapkan ini bisa membantu target untuk mampu menjaring satu juta wisatawan dari Tiongkok tahun ini,” katanya.

Promosi semacam itu dinilai efektif karena pemerintah Indonesia tidak perlu mengeluarkan dana apapun sebagai kompensasi terhadap duta yang ditunjuk.

Dampak yang ditimbulkan atas penunjukan tokoh internasional sepeti ini relatif besar. Seperti ketika Indonesia mengangkat ekonom dunia Phillip Kotler sebagai duta pariwisata Indonesia beberapa tahun lalu.