Keringat Berlebih? Ini Solusinya [brighthealing]

Keringat Berlebih? Ini Solusinya

PinkKorset.com – Keringat berlebih, selain menyebalkan juga kadang menimbulkan bau tak sedap. Akibatnya, krisis pede. Berikut cara mengatasinya.

Tubuh kita memiliki sekitar 2,6 juta kalenjar keringat di seluruh tubuh dan ini berpotensi untuk menghasilkan beberapa liter keringat dalam satu jam, sesuai dengan kebutuhan mengatur tingkat suhu di dalam tubuh.

Meski semua orang memiliki jumlah kalenjar keringat yang hampir sama, jumlah keringat sangat bervariasi, tergantung pada riwayat genetika orang tersebut. Normalnya, seseorang akan mengeluarkan banyak keringat saat berada di bawah terik matahari atau ruangan yang panas dan saat beraktivitas.

Jika tubuh mengeluarkan banyak keringat meskipun udara tidak panas atau tidak melakukan banyak aktivitas, bisa jadi Anda termasuk ke dalam kategori orang yang memiliki keringat berlebih. Apa saja ciri-cirinya, berikut uraiannya.

Noda di Baju

Keringat yang berlebih biasanya akan meninggalkan bekas noda kuning atau mempengaruhi tekstur kain baju menjadi lebih keras di beberapa tempat seperti punggung, kerah dan bawah ketiak. Noda pada pakaian ini selalu muncul setiap hari meskipun tidak di tempat panas atau tidak melakukan aktivitas yang banyak.

Stres

Baju basah karena keringat saat akan melakukan presentasi? Atau telapak tangan berkeringat saat akan interview pekerjaan? Itu disebut keringat stres. Berhati-hatilah karena keringat ini baunya lebih buruk dibanding keringat akibat suhu panas.

Telapak Tangan dan Kaki Selalu Basah

Sejak kecil Anda selalu memiliki telapak tangan dan kaki yang basah karena keringat? Ini merupakan tanda jika Anda memiliki keringat berlebih. Telapak kaki yang basah biasanya akan menimbulkan bau lebih menyengat di sepatu yang Anda kenakan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Bau yang disebabkan oleh keringat bisa diatasi dengan menggunakan deodoran sebelum Anda tidur. Pada saat tidur, kalenjar keringat akan beristirahat alias tidak aktif seperti saat Anda dalam posisi terbangun.

Fungsi pemakaian deodoran di malam hari ini untuk memaksimalkan penyerapan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Sehingga bisa mengurangi bau keringat pada ketiak. Pemakaian deodoran juga bisa diulangi setelah mandi pagi hari.

Cara lainnya, hindari cuaca terik atau panas. Jika akan beraktivitas di luar ruangan, usahakan menghindari rentang waktu antara pukul 11.00 hingga 16.00. Dengan begini, produksi keringat di tubuh bisa sedikit dikurangi.