Lenyapkan Komedo Dengan Cara Alami [howtotut]

Lenyapkan Komedo Dengan Cara Alami

PinkKorset.com – Wajah halus Anda terlihat kusam karena munculnya komedo?

Komedo adalah kotoran penyumbat pori-pori yang sering menyerang wajah dan hidung.

Komedo terbuka (blackhead) memiliki karakter unik, pori-pori membesar dan berwarna hitam sedangkan komedo tertutup (whitehead) berwarna putih dan tumbuh tepat di atas pori-pori kulit yang tersumbat.

Komedo muncul akibat terjadinya penumpukan minyak berlebih (sebum), serta sel kulit mati.

Namun, banyak juga faktor lain yang memicu komedo. Seperti stres, perubahan hormon, kondisi kulit wajah yang kotor, pemakaian kosmetik yang tidak sesuai, kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, kafein maupun faktor keturunan.

Meskipun bentuknya kecil, komedo di wajah maupun hidung cukup mengganggu penampilan. Pasalnya, wajah yang sudah bersih sekalipun akan terlihat kusam jika komedo sudah muncul.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa cara alami untuk mengatasi komedo.  Selain jauh lebih murah dan mudah diperoleh, cara alami ini jauh lebih aman karena tidak mengandung unsur kimia.

Berikut beberapa cara menghilangkan komedo:

Uap Air Panas

komedo,-uap-air-panas

Cara termudah yang dipercaya dapat mengurangi dan menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan uap air panas. Siapkan satu baskom air mendidih, campurkan dengan satu sendok garam. Lalu uapi wajah dan hidung Anda dengan uap air panas selama kurang lebih selama 10 menit.

Tekan bagian hidung yang ada komedonya. Saat komedo sudah keluar, bersihkan wajah dengan handuk bersih. Selain untuk menghilangkan komedo, menguapi wajah juga dapat membantu memperlancar peredaran darah

Air garam

garam

Cara alami untuk menghilangkan komedo adalah dengan air garam. Cukup dengan mencuci wajah menggunakan air garam hangat, air garam hangat ini akan membantu mengurangi kadar minyak berlebih di kulit wajah serta membantu menghilangkan komedo di hidung.

Lidah buaya

lidah-buaya

Kandungan dalam gel lidah buaya juga cukup efektif untuk membersihkan kulit wajah agar terbebas dari komedo. Siapkan lidah buaya yang segar. Patahkan bagian tengahnya dan ambil lendirnya. Oleskan lendir tersebut ke seluruh permukaan wajah dan hidung yang berkomedo.

Diamkan selama 10-15 menit hingga nutrisi dan kandungan alami dapat meresap dengan maksimal. Lalu bilas hingga bersih. Lidah buaya juga dapat membantu menyembuhkan kulit wajah yang mengalami peradangan akibat komedo.

Putih telur

putih-telur

Putih telur memang sangat ampuh untuk menjaga kecantikan wajah. Selain bisa menghilangkan jerawat beserta bekasnya, putih telur juga mampu menghilangkan komedo.

Cukup dengan mencampur 2 butir putih telur dengan satu sendok makan madu murni dan oleskan pada seluruh permukaan kulit wajah. Tunggu hingga kering selama 30 menit, kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Lemon

lemon

Lemon merupakan bahan alami yang cukup efektif untuk mengatasi kulit wajah yang berkomedo. Lemon kaya akan Vitamin C sehingga mampu mengelupas/membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati juga sekaligus memutihkan kulit.

Campurkan perasan jeruk lemon dengan garam, lalu oleskan pada wajah maupun hidung. Biarkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan 2-3 kali dalam seminggu. Carni juga diyakini efektif menyamarkan noda hitam pada wajah

Lobak

lobak

Lobak juga diyakini dapat menghilangkan komedo pada wajah. Caranya, campurkan lobak yang telah dihaluskan dengan sedikit air. Oleskan pada wajah secara merata dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

Masker Sayur

masker

Siapkan 1 lembar daun kailan, ¼ buah apel, 1 lembar daun seledri dan perasan jeruk lemon lalu blender hingga halus. Kemudian, oleskan pada bagian wajah maupun hidung yang berkomedo. Biarkan beberapa saat, lalu bilas sampai bersih