Manfaat Telur Rebus Setengah Matang [veniviniveci]

Manfaat Telur Rebus Setengah Matang

PinkKorset.com – Meski terdengar ‘ajaib’ untuk sebagian orang, namun mengonsumsi telur rebus setengah matang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Benarkah?

Pernahkah Anda mengonsumsi telur rebus setengah matang? Bagaimana rasanya? Sebagian orang pasti akan bergidik saat diberikan pertanyaan demikian. Namun, bagi sebagian lainnya, telur rebus setengah matang itu lezat.

Lalu apa saja sebenarnya manfaat telur rebus setengah matang bagi tubuh?

Bebas Keracunan Makanan

Telur rebus setengah matang jauh lebih baik dibandingkan telur mentah yang sering dikonsumsi banyak orang dengan alasan kesehatan. Sebab, telur rebus setengah matang akan mencegah risiko keracunan bakteri salmonella.

Anda juga tak perlu khawatir kehilangan banyak vitamin dan mineral akibat proses memasak, karena telur rebus setengah matang hanya diproses dalam waktu singkat untuk membunuh bakteri di dalamnya.

Lebih Rendah Kalori

Khawatir dengan kalori dalam telur? Tak perlu lagi jika jika memilih telur rebus dibandingkan dengan telur goreng. Faktanya, telur rebus setengah matang hanya memiliki sekitar 78 kalori dan 5,3 gram lemak dengan 1,6 gram lemak jenuh.

Sedangkan telur goreng memiliki sekitar 90 kalori dan 6,83 gram lemak dengan 2 gram lemak jenuh.

Karbohidrat dan Vitamin

Telur adalah salah satu makanan yang mengandung asam amino esensial. Telur juga mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral. Merebusnya setengah matang adalah salah satu cara untuk menjaga kandungan tersebut tak hilang terlalu banyak.

Kandungan vitamin A dan B12 juga lebih banyak ketimbang mengolahnya hingga matang. Mengonsumsi telur setengah matang, berarti telah memenuhi sekitar 74 mikrogram vitamin.

Manfaat Telur Rebus Setengah Matang

Sayangnya, tak semua orang diperbolehkan mengonsumsi telur setengah matang. Perempuan hamil, anak-anak, orang tua dan mereka yang memiliki kesehatan lemah, tak disarankan untuk mengonsumsinya.