Masih Muda, Kok Ubanan? [google]

Masih Muda, Kok Ubanan?

PinkKorset.com – Anda masih berusia di bawah 30 tahun, namun rambut sudah mulai memutih?

Uban identik dengan usia yang mulai menua. Namun, tidak jarang orang mengalami masalah rambut yang memutih di usianya yang masih muda. Hal ini pun kerap menurunkan rasa percaya diri.

Selain faktor genetik, gaya hidup yang tidak sehat serta stres berkepanjangan menjadi pemicu rambut yang memutih.

Berikut ulasannya.

Gaya hidup

Faktor kesehatan dan gaya hidup juga berpengaruh pada cepat lambatnya rambut memutih. Kebiasaan merokok, kurang vitamin, dan gangguan tiroid juga berpengaruh pada produksi melanin. Melanin adalah pigmen yang berfungsi memberi warna pada rambut.

Gaya hidup yang tidak sehat juga memiliki kontribusi dalam mempercepat tumbuhnya uban. Kebiasaan merokok menghambat aliran zat-zat gizi yang dibutuhkan tubuh yang dibawa dalam peredaran darah. Merokok tidak hanya menyebabkan rambut beruban sebelum waktunya, namun secara keseluruhan merugikan kesehatan.

Stres berkepanjangan

Stres berkepanjangan bisa menyebabkan macetnya produksi pigmen pewarna rambut yang disebut melanin. Pigmen ini dihasilkan sel tubuh yang dikenal sebagai melanosit. Rambut menjadi putih karena melanosit tidak lagi memproduksi melanin.

Stres yang berlebihan juga bisa menguras cadangan vitamin B12 dan mempercepat tumbuhnya uban.

Macetnya produksi pigmen hanyalah bersifat sementara. Kalau stres sudah hilang, otomatis produksi pigmen akan kembali dengan normal. Rambut yang putih akan rontok dengan sendirinya sehingga rambut akan kembali menjadi hitam.

Kehilangan melanosit

Melanosit adalah sel yang memproduksi pigmen melanin. Jika sel melanosit rusak atau mulai menua karena proses penuaan maka rambut akan berubah putih.

Kurang vitamin

Keadaan gizi yang buruk karena asupan makanan yang kurang seimbang juga memengaruhi kesehatan rambut. Gizi yang buruk tidak hanya menimbulkan uban, juga mengganggu kondisi kesehatan rambut secara umum. Itu sebabnya anak-anak yang mengalami gangguan gizi berat, rambutnya tampak kemerahan, dan tidak sehat.

Faktor keturunan atau genetik

Gen berpengaruh besar dalam mengatur folikel rambut yang mulai kehilangan pigmen melanin. Kadar pigmen melanin yang terus berkurang membuat rambut semakin pirang kemudian berubah menjadi putih.

Kosmetik rambut

Tumbuhnya uban juga dipicu penggunaan minyak dan cat rambut. Kosmetik rambut tersebut tidak hanya mengenai rambut, tetapi jugua meresap dalam pori-pori kulit kepala. Zat-zat kimia yang terkandung dalam minyak dan cat rambut memengaruhi kesehatan rambut sehingga mempercepat tumbuhnya uban.

Gangguan lain

Gangguan karena kelainan metabolisme, kelainan imunitas, kelainan hormonal, sinar X, keracunan logam berat, dan gangguan ginjal berkontribusi menambah jumlah uban di kepala.
Kelainan metabolisme menyebabkan fenil analin yang terdapat pada asam amino tidak bermetabolisme dengan baik sehingga menimbulkan uban.

Pada gangguan kelainan imunitas terjadinya uban mirip dengan vitiligo atau munculnya bercak putih pada kulit.