Meksiko, Eksportir Mobil Terbesar Kedua ke AS Foto: wardsauto

Meksiko, Eksportir Mobil Terbesar Kedua ke AS

PinkKorset.com, Meksiko –  Meksiko kini menjadi eksportir mobil terbesar kedua Amerika Serikat, menggeser Jepang.

Jepang telah menduduki peringkat kedua teratas di antara eksportir mobil ke AS sejak 1970-an, dengan mengirim Toyota, Honda dan Nissan melintasi Pasifik lebih dari 5.000 mil. Namun, negara Asia ini harus siap dikalahkan oleh Meksiko, yang 1990 kemarin mengirim kurang dari 250 ribu kendaraan melintasi perbatasan utaranya.

Negara ini pun diperkirakan akan mengirim 1,9 juta kendaraan pada 2015, mengalahkan Kanada sebagai eksportir terbesar mobil untuk AS. Demikian menurut estimasi konsultan IHS Automotive.

Penjualan kendaraan ringan AS naik 0,4% pada Januari, menurut data yang dipublikasaikan Senin (3/2/2014).

Ekspor kendaraan Meksiko ke AS sudah mencapai lebih dari empat kali lipat dibanding periode 1993-2013, dengan produksi mencapai hampir tiga kali lipat, didukung tarif yang lebih rendah di bawah Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (North American Free Trade Agreement).

Tiga pabrik di Meksiko, yakni Nissan Motor Co, Honda Motor Co dan Mazda Motor Corp yang dibuka dalam empat bulan, akan memberi dorongan terakhir untuk lompatan Meksiko melampaui Jepang, yang pada 2008 lalu mengirim kendaraan hampir dua kali lebih banyak kepada konsumen AS .

“Ini tentu saja adalah tempat murah untuk memproduksi dan ada banyak kenyamanan dengan kemampuan tenaga kerja di Meksiko, ” ujar Ron Harbour, analis manufaktur dan partner di konsultan Oliver Wyman.

“Pada tahun 80-an dan awal 90-an, semua yang datang dari Jepang disambut antusias dibandingkan dengan Meksiko. Jelas, hal itu telah berubah.”

Memproduksi mobil kecil seperti Honda Fit dan Nissan Sentra, keberadaan pabrik-pabrik baru akan meningkatkan pangsa Meksiko dari pasar impor untuk kendaraan penumpang dan truk ringan senilai US$ 150 miliar.

Guido Vildozo, analis IHS Automotive yang berbasis di Lexington, Massachusetts mengatakan, kendaraan buatan Meksiko yang dijual di AS akan mencapai 1,69 juta tahun ini, melampaui 1,51 juta kendaraan buatan Jepang.

Pada 2015, penjualan kendaraan AS yang berasal dari Meksiko akan naik menjadi 1,9 juta, mengunggguli  Kanada sebesar 1,87 juta.

“Melewati Jepang sebagai pemasok AS telah berlangsung untuk beberapa waktu, terutama sejak pengumuman Meksiko atas pabriknya beberapa tahun lalu. “Sepertinya ada kemungkinan Meksiko bisa melewati Kanada tahun depan.”

Trio pabrik baru akan meningkatkan kapasitas tahunan kendaraan Meksiko sekitar 600 ribu kendaraan selama beberapa tahun ke depan. Pada 2018, produksi Meksiko diproyeksikan melampaui 4 juta dari tahun lalu yang mencapai 2,93 juta. Demikian menurut LMC Automotive.

Mazda 3 adalah mobil pertama yang dibuat di Salamanca, Mexico untuk Hiroshima, produsen yang berbasis di Jepang, dengan biaya mencapai US$ 770 juta. Mazda akhirnya akan membuat mobil Toyota juga di Meksiko.

Pabrik Honda senilai US$ 800 juta di Celaya mulai produksi massal Fit bulan depan. Nissan, kendaraan teratas dari segi prouksi dan penjualan domestik, membuka pabrik senilai US$2 miliar pada November di Aguascalientes. Nissan juga memilih antara AS dan Meksiko sebagai kawasan untuk membangun lebih banyak model mewah Infiniti.

Menghadapi hal ini, tampaknya pabrik-pabrik milik Jepang di Meksiko akan mengurangi kebutuhan kapal untuk  mengirim mobil di seluruh Pasifik.