Mengatasi Lapar yang Muncul Terus Menerus [urbanwomen]

Mengatasi Lapar yang Muncul Terus Menerus

PinkKorset.com – Bila lapar tiba, hal ideal yang dilakukan adalah makan. Namun, bila rasa lapar muncul terus menerus, tidak mungkin kan terus mengunyah?

Selain membuat bobot tubuh naik, banyak ngemil juga tidak sehat dan cenderung membuat lebih boros.

Bila Anda ingin menjaga berat badan tetap stabil, maka rasa lapar yang muncul harus disiasati. Bagaimana caranya?

Atur ritme makan

Mengatasi Lapar yang Muncul Terus Menerus

[weddingelation]

Buat waktu makan yang disiplin. Misalkan sarapan jam 7 pagi, makan siang jam 12 dan makan malam jam 7 malam. Dengan ritme makan yang teratur, perut akan terbiasa untuk lapar, hanya di waktu makan.

Jangan langsung mengkonsumsi menu utama

Mengatasi Lapar yang Muncul Terus Menerus

Bila lapar meradang, biasanya Anda cenderung menyantap semua makanan yang tersedia. Coba tunda sebentar keinginan itu.

Anda bisa ngemil kacang, seperti mete, almond, atau kacang tanah. Kandungan serat, protein, dan lemak di dalamnya dapat mengaktifkan perasaan kenyang, sehingga makan lebih sedikit.

Salad sayur atau buah juga bisa dijadikan makanan pembuka. Sayuran berwarna jingga atau hijau, seperti wortel, brokoli, atau bayam mengandung 90% air dan kaya serat sehingga perut pun akan terasa lebih cepat penuh.

Anda sebaiknya juga minum 1-2 gelas air putih sebelum makan. Air putih akan mengisi perut, sehingga Anda akan merasa lebih cepat kenyang. Minum air putih sebelum makan ternyata juga bisa mengurangi hingga 60 kalori.

Pilih makanan yang membuat kenyang cukup lama

Mengatasi Lapar yang Muncul Terus Menerus

Salah satu caranya adalah dengan mengganti nasi putih dengan kentang. Menurut studi British Journal of Nutrition, mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti oatmeal, atau kentang bisa membuat kenyang hingga berjam-jam. Agar lebih lezat, olah menjadi mashed potato dengan racikan bumbu gravy-nya.

Ketimbang daging merah, konsumsi ikan juga bisa membuat Anda kenyang cukup lama. Selain mengurangi 75 kalori dari mengonsumsi daging. Ikan salmon bisa jadi salah satu pilihan. Salmon kaya akan asam lemak Omega 3 yang membantu perut merasa kenyang dan bertahan beberapa jam.

Tambahkan cuka atau kayu manis pada makanan

Mengatasi Lapar yang Muncul Terus Menerus

Bila cocok dengan menu, Anda bisa tambahkan sedikit cuka atau bubuk kayu manis pada makanan. Menurut penelitian dari Department of Agricultural and Food Sciences, Swiss, dua bahan ini dapat mengontrol kadar gula darah sehingga rasa lapar tidak mudah muncul.