Mustang Kini Miliki Setir Kanan [smh]

Mustang Kini Miliki Setir Kanan

PinkKorset.com, Michigan – Ford Motor Company mulai membangun mobil sport Mustang generasi keenam. Untuk pertama kalinya, kemudi terletak di sebelah kanan.

Menurut pabrikan yang berbasis di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat, kemudi sebelah kanan diproduksi untuk penjualan di lebih dari 25 pasar, seperti Inggris, Australia dan Afrika Selatan.

Mustang teranyar yang tampil lebih rendah dan lebar ini, hadir dalam tiga konfigurasi mesin, yakni V-6 dengan kekuatan 300 tenaga kuda, turbocharged empat silinder 310 tenaga kuda, dan V-8 dengan 435 tenaga kuda.

Mustang 2015 dibanderol mulai dari US$24.425, atau 4,7% lebih mahal ketimbang model dasar tahun ini.

Pengembangan ini bertujuan untuk memikat konsumen, setelah empat tahun terakhir kalah bersaing dengan Chevrolet Camaro milik General Motors Company.

Sejal awal tahun hingga Juli, penjualan Mustang di AS tercatat naik 3,9% menjadi 50.795, setelah sepanjang 2013 sempat anjlok 7% menjadi 77.186 unit.

Sementara 7 bulan terakhir, penjualan Camaro melesat 13% menjadi 56.633 unit, setelah melorot 4,5% menjadi 80.567 pada 2013.

Camaro, yang didesain ulang pada 2009, mengalahkan Mustang setahun berselang, mengakhiri 24 tahun kedigdayaan Ford di pasar mobil sport AS.

Meski memiliki desain baru untuk memenuhi standar safety global, Mustang tetap mempertahankan sisi klasiknya, seperti kap mesin lebih panjang dan tiga baris lampu belakang.

Michael Robinet, analis dari IHS Automotive menilai, langkah ini diambil Mustang agar tetap bisa diterima secara global, “Namun masih cukup banyak desain tradisional Amerika pada mobil tersebut. Itulah daya tariknya.”