Picu Kecelakaan, GM Recall 800 Ribu Mobil Kompak Pontiac G5 dan Chevrolet Cobalt

Picu Kecelakaan, GM Recall 800 Ribu Mobil Kompak

PinkKorset.com, Detroit – General Motors Co menarik kembali (recall) hampir 800 ribu mobil kompak tipe Chevrolet Cobalt dan Pontiac G5.

Perusahaan mengatakan, 6 orang yang tewas dalam 22 kecelakaan, melibatkan Chevrolet Cobalt buatan 2005 hingga 2007 serta Pontiac G5s keluaran 2007 ke atas.

Produsen mobil yang berbasis di Detroit itu mengatakan, ada kesalahan pada saklar pengapian yang bisa mematikan mesin secara mendadak dan menyebabkan korslet.

Dijelaskan, bobot cincin kunci kontak dan jalan yang bergelombang bisa memicu tombol kunci kontak memutar ke posisi off, sehingga mesin mati. Jika itu terjadi, airbag kemungkinan tidak berfungsi.

GM mengatakan masing-masing insiden terjadi pada kondisi yang tidak biasa, di mana mobil-mobil itu dibawa ke medan yang berat, di luar jalan raya dan dalam kecepatan tinggi. Padahal, model kompak tidak dirancang untuk kendaraan off-road.

GM mengimbau para pemilik kendaraan dimaksud membuang benda-benda tak perlu yang ada di cincin kunci kontak sampai masalah ini dibereskan. Dealer pun akan mengganti tombol penghidup mesin atau ignition switch secara gratis.