PLN Sanggup Penuhi Kebutuhan Listrik 5 Tahun Mendatang

PinkKorset.com – PT PLN Persero optimistis mampu memenuhi kebutuhan pasokan listrik nasional untuk lima tahun ke depan sebanyak 25 ribu Mega watt.

Bahkan PLN sudah menargetkan penambahan pasokan untuk memenuhi rasio elektrifikasi nasional.

Direktur Utama PLN, Nur Pamudji, menegaskan pihaknya mampu memenuhui pertumbuhan konsumsi listrik sebanyak 25 ribu MW. Tambahan tersebut akan diperoleh dari pembangkit milik PLN dan dari Independent Power Producer (IPP).

“PLN bisa (penuhi kebutuhan). 25 ribu MW bisa. 25 ribu MW tambahan kapasitas listrik yang nanti dipasok dari proyek sebagian pembangkit PLN dan sebagian Independent Power Producer,” kata Nur Pamudji di Jakarta, Kamis (30/10/214).

Penambahan pasokan listrik sebanyak 25 ribu MW dalam waktu lima tahun merupakan tugas berat bagi PLN. Pasalnya, jika tak terealisasi, Indonesia terancam krisis listrik pada 2018,

“Kebutuhan listrik kita lima tahun mendatang 25 ribu MW. Kalau pertumbuhan ekonomi bagus maka harus ada peningkatan rasio elektrifikasi,” ujarnya.

Rencananya, dalam waktu dekat PLN akan melakukan kajian untuk pemenuhan pasokan listrik sebanyak 25 ribu MW tersebut lalu dilaporkan ke Menteri ESDM, Sudirman Said.

“Dua minggu lagi saya sanggupi. PLN akan datang kembali dengan rencana detail, bagaimana sampai 25 ribu MW itu (tersedia). Opsi-opsinya apa saja. Kami lagi siapkan sekarang,” ujarnya.