September, Bulan Ceria bagi GM Tiongkok Model GM di Beijing Auto Show

September, Bulan Ceria bagi GM Tiongkok

PinkKorset.com – General Motors Co. mencatatkan laju pertumbuhan tercepat di Tiongkok pada September.

Produsen mobil yang berbasis di Detroit ini membukukan kenaikan penjualan mobil 15% menjadi 319.936 unit di Tiongkok selama September 2014, mengalahkan angka rata-rata pertumbuhan industri.

Perusahaan patungan Shanghai GM melaporkan kenaikan 20% menjadi 158.792 kendaraan, sementara SAIC-GM-Wuling menikmati kenaikan 15% menjadi 159.906.

Penjualan Chevrolet meningkat 19% menjadi 68.347 unit, dimana sepertiganya disumbangkan oleh Cruzes.

Popularitas Buick juga masih bersinar, dengan penjualan naik 18% menjadi 83.638.

Tawaran Cadillac untuk menggesek segmen pasar mewah Tiongkok cukup berhasil, dengan penjualan naik 51% menjadi 6.807.

Dalam sembilan bulan pertama tahun ini, penjualan GM dan perusahaan patungan naik 12% menjadi 2,58 juta unit.

CFO GM Chuck Stevens mengatakan, pihaknya berencana menggenjot pertumbuhan lebih cepat dari laju industri sambil mempertahankan marjin laba di Tiongkok.

Untuk memenuhi melonjaknya permintaan mobil di Tiongkok, GM telah meningkatkan kapasitas produksi di dalam negeri dan meluncurkan model kendaraan baru untuk bersaing dengan Volkswagen untuk mendominasi industri otomotif Tiongkok.

Tahun lalu, Volkswagen menjadi salah satu mobil populer di Tiongkok, gelar yang dipegang General Motors selama sembilan tahun. Saat ini, General Motors memiliki pangsa pasar 15% dari pangsa pasar mobil Tiongkok sementara Volkswagen menguasai 16%.

Sebelumnya, pimpinan GM untuk Tiongkok Matt Tsien mengatakan penjualan mobil tahun ini diharapkan mengalahkan penjualan 2013 yang mencapai 3,16 juta.

General Motors berencana menginvestasikan total US$ 12 miliar di Tiongkok antara 2014 dan 2017 Perusahaan akan membuka lima pabrik baru dengan target 5 juta unit penjualan tahunan dalam jangka pendek. CEO Mary Barra mengatakan GM akan memperkenalkan 60 model baru atau diperbarui pada tahun-tahun mendatang.