Spritz, Aplikasi Membaca Cepat Foto: Samsung

Spritz, Aplikasi Membaca Cepat

PinkKorset.com – Membaca buku setebal 300 halaman hanya dalam waktu 77 menit? Percayakah jika Anda akan bisa melakukannya?

Pernah mendengar aplikasi yang dapat membantu Anda lebih cepat membaca? Ini dia Spritz, aplikasi bawaan di Samsung Galaxy 5 dan Samsung Gear 2 Watch. Aplikasi ini membantu Anda membaca hingga seribu kata permenit.

Sekadar informasi, kecepatan membaca normal setiap orang berkisar 200-400 kata per menit. Menggunakan aplikasi ini, Anda bisa melakukannya secara bertahap. Pertama dari kecepatan 250 kata permenit ke 350 kata permenit dan seterusnya.

Cara kerja Spritz berbeda dari aplikasi sejenis lainnya. Spritz menitikberatkan pada titik fokus dalam kata yang dibaca atau Optimal Recognition Point (ORP).

Menurut Kevin Larson, dari Microsoft’s Advanced Reading Techologies, titik fokus membaca umumnya dari huruf paling tengah ke bagian kiri kata tersebut. Ketika Anda membaca, mata fokus di titik itu dan melewatkan kata-kata yang lebih pendek.

“Setelah mata menemukan ORP, otak akan memproses arti dari kata yang Anda lihat,” tulis informasi di dalam website resmi Spritz.

Ketika Anda membaca, posisi mata Anda akan tegak lurus terhadap huruf-huruf yang berada di tengah mata dan ditAndai warna merah dalam aplikasi ini. Tertarik belajar menjadi seorang ahli cepat membaca?