Tanaman Bisa Tahu Dirinya Sedang Dikonsumsi [clayruth]

Tanaman Bisa Tahu Dirinya Sedang Dikonsumsi

PinkKorset.com –Tidak hanya hewan, tanaman ternyata juga bisa mengetahui saat dirinya dikonsumsi.

Penelitian dari Universitas Missouri menunjukkan bahwa tanaman bisa mengenali suara di sekitarnya, misalnya suara mengunyah makanan. Tanaman juga akan bereaksi terhadap ancaman dalam lingkungannya.

Percobaan dilakukan dengan meletakkan ulat di atas tanaman sejenis kubis.  Dengan laser dan sepotong kecil bahan yang memantulkan cahaya pada daun tanaman, diukur pergerakan daun dalam menanggapi ulat memakannya.

Ulat kemudian diumpankan pada dua tanaman, satu yang  mengalami getaran mengunyah ulat dan satu lagi yang tidak mengalami hal tersebut.

Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tanaman yang sebelumnya mengalami getaran makan ulat, menghasilkan minyak mustard lebih banyak. Adapun minyak mustard adalah bahan kimia yang tidak menarik bagi banyak ulat.

Heidi Appel, peneliti senior di divisi Ilmu Tanaman di Universitas Missouri menuturkan, tanaman ternyata merespon getaran relevan yang muncul dari lingkungannya.

“Kami menemukan bahwa getaran ulat yang makan, mengubah sinyal dalam metabolisme sel tanaman, membuat senyawa defensif yang dapat memukul mundur serangan dari ulat,” ujarnya.

Rex Cocroft, profesor divisi Ilmu Biologi Universitas Missouri menambahkan, sangat luar biasa mengetahui bahwa tanaman sebenarnya mengalami banyak getaran. Baik dari suara angin atau serangga, hingga ulat yang memakannya.

“Hal ini menunjukkan bahwa tanaman mampu membedakan getaran dimakan dengan yang berasal dari sumber umum lainnya.”