Tiongkok dan 20 Negara Bentuk Bank  Asia [chinadaily]

Tiongkok dan 20 Negara Bentuk Bank Asia

PinkKorset.com, Beijing – Tiongkok dan 20 negara Asia lainnya bekerja sama membentuk bank pembangunan baru untuk kawasan Asia.

Penandatanganan kerjasama pembentukan Bank Investasi dan Infrastruktur Asia (AIIB) tersebut dilakukan di Beijing, Jumat (24/10/2014).

Sejumlah petinggi keuangan global menyebutkan, kehadiran bank itu diperlukan untuk memperkuat kemandirian perekonomian regional Asia.

Pasalnya bank  ini nantinya akan mendukung dana pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, rel kereta api, pembangkit listrik, dan jaringan telekomunikasi.

Namun Amerika Serikat melihat langkah ini tidak diperlukan serta berpotensi mengancam bagi institusi sejenis yang sudah mapan, seperti Bank Dunia.

20 negara yang tergabung adalah  India, Singapura, Vietnam, Filipina, Mongolia, Laos, Kamboja dan Oman. Demikian juga Uzbekistan, Thailand, Sri Lanka, Qatar, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Brunei, Kazakhstan, Kuwait, Malaysia dan Myanmar.

Sedangkan negara sekutu AS seperti  Jepang, Korea Selatan  dan Australia, akan bergabung nanti setelah kerjasama ini menunjukkan tanda-tanda keberhasilan.

Tiongkok mengusulkan adanya Bank Asia itu setahun lalu. Sebagai awalnya, mereka akan menyediakan dana sebesar US$ 50 miliar.