Toyota & Daihatsu Tarik 84.571 Unit Mobil [toyotaheadquarters]

Toyota & Daihatsu Tarik 84.571 Unit Mobil

PinkKorset.com – Toyota Motor Corp akan lagi-lagi menarik kembali (recall) 57 ribu unit mobil secara global karena ditemukan potensi masalah pada airbag yang diproduksi Takata Corp.

Tindakan yang dilakukan Toyota ini merupakan kelanjuta dari kasus recall besar-besaran rivalnya, Honda Motor Co., yang melakukan hal yang sama sepanjang dua pekan terakhir setelah menelan lima korban jiwa di Malaysia.

Lebih dari 16 juta unit mobil telah direcall secara global sejak 2008 terkait mengembangnya airbag buatan Takata yang terlalu cepat.

Toyota merecall model Vitz, atau di Indonesia disebut Yaris dan crossover RAV4 yang diproduksi Desember 2002 hingga Maret 2004. Sekitar 40 ribu unit diantaranya diproduksi di Jepang, enam ribu lainnya produksi Eropa.

Sisanya diproduksi di negara lain di luar Amerika bagian Utara. Toyota mengklaim belum ditemukan kecelakaan atau korban jiwa terkait recall ini.

Sementara itu, Daihatsu Motor Co yang merupakan anak perusahaan Toyota juga melakukan recall di Jepang, yaitu 27.571 unit mobil Mira yang diproduksi antara Desember 2002 dan Mei 2003 terkait potensi masalah pada airbag buatan Takata.

Menurut Kementerian Transportasi Jepang, sekitar 2,6 juta unit mobil telah direcall di Jepang terkait masalah pada airbag Takata.

Recall terkait masalah kantung udara Takata terus mengemuka setelah regulator keselamatan transportasi Amerika Serikat (AS) memerintahkan perusahaan untuk memperluas penarikan.

Takata sejauh ini telah menolak untuk memperluas recall ke negara-negara lain. Pihak Takata memutuskan untuk mengalihkan suku cadang ke negara-negara yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi karena lebih membutuhkan perbaikan.