Anjing Tahu Anda Berbohong! [dogvacay]

Anjing Tahu Anda Berbohong!

PinkKorset.com – Anjing bisa merasakan bila Anda berbohong.Hewan ini mengingat siapa yang bisa dipercaya dan mengikuti perintah mereka.

Sejak lama Anjing menjadi teman manusia. Mereka kadang bertingkah konyol seperti takut vacuum cleaner dan suka mengejar ekor sendiri. Namun para peneliti berpendapat, mereka secara sosial lebih pintar dari yang kita perkirakan.

Penelitian belum lama ini menyebutkan, anjing bisa merasakan seseorang yang berbohong. Hewan berkaki empat ini mampu mengingat siapa saja yang dapat dipercaya dan memutuskan apakah akan mengikuti perintah manusia.

Penelitian terbaru Animal Cognition menunjukkan, taring-taring ini menjadikan pembelajaran bagi mereka kepada siapa harus percaya, khususnya menyangkut makanan.

Ini merupakan hal umum dimana jika seseorang menunjuk sesuatu, anjing biasanya akan mengikuti instruksi, menjalankannya dan mengendus apa yang manusia arahkan.

Berdasarkan teori tersebut, tim peneliti Universitas Kyoto, Jepang, menguji 34 ekor anjing.

Pertama, peneliti menyuruh tiap anjing menuju wadah berisi makanan yang disembunyikan. Hewan-hewan ini berlari menuju wadah itu.

Kedua, peneliti yang sama menyuruh tiap anjing menuju wadah kosong. Anjing-anjing ini pun menuruti perintah para peneliti.

Ketiga, peneliti yang sama menyuruh anjing-anjing ini menuju ke wadah ketiga berisi makanan. Namun, sebagian besar anjing tidak memedulikannya.

Tetapi begitu peneliti yang baru menyuruh anjing-anjing ini menuju ke wadah tiga, hewan-hewan ini justru menurutinya.

Pemimpin penelitian ini, Akiko Takaoka menyimpulkan, anjing dapat menggunakan pengalamannya untuk menilai manusia, apakah bisa dipercaya aatau tidak.

“Rupanya anjing memiliki kecerdasan sosial yang lebih canggih dari yang kita duga. Kecerdasan sosial ini berkembang selektif dalam sejarah kehidupan mereka yang panjang bersama manusia,” kata Akiko.

Menurut John Bradshaw, ilmuwan kedokteran hewan, Universitas Bristol, mengatakan bahwa anjing yang pemiliknya tidak konsisten kepada mereka sering memiliki gangguan perilaku.