Bulu Tumbuh Lebat Bila Dicukur? [ticoshaving]

Bulu Tumbuh Lebat Bila Dicukur?

PinkKorset.com, Jakarta – Ada yang menganggap, mencukur bulu halus akan membuat area tersebut lebih lebat ditumbuhi bulu. Benarkah?

Perempuan menganggap kulit mulus bebas bulu adalah salah satu syarat kecantikan. Munculnya kumis tipis, bulu halus di tangan dan kaki dinilai akan mengurangi penampilan feminin bagi perempuan.

Namun, banyak diantara mereka yang mempunyai kekhawatiran tersendiri. Para perempuan khawatir bila bulu-bulu halus dicukur, justru akan membuat bulu lebih banyak atau lebat.

Dr. Sari Chairunnisa, SpKK dari Bamed Skin Care mengatakan bahwa mencukur bulu akan terlihat tumbuh lebat adalah mitos.

“Itu mitos. Kalau mencukurnya dengan cara smooth tanpa paksaan, ya enggak apa-apa (tidak tambah lebat),” ujarnya saat dijumpai dalam acara Kiat Cantik Melalui Peremajaan Kulit yang Individual di Jakarta, akhir pekan lalu.

Mencukur dengan pisau cukur, lanjutnya, juga tidak akan membuat bulu tumbuh tambah lebat. “Mencukur dengan pisau cukur biasanya dengan arah tumbuh rambut yang berbeda. Ini akan membuat bulu terlihat lebat. Padahal jumlah folikel rambutnya sama saja,” katanya.

Menurut dr Sari, menghilangkan bulu dengan cara mencabutnya, justru akan membuat bulu tumbuh lebat.  Pasalnya, mencabut adalah tindak paksa yang akan menyebabkan trauma di kulit. Trauma ini menyebabkan peradangan kulit.

Peradangan kulit menimbulkan pembuluh darah yang semakin melebar dan suplai darah melimpah. ”Kondisi ini justru menyuburkan bulu-bulu sehingga tumbuh lebat.”

Belum Ada Berita Terkait