Delapan Makanan Pencegah Pikun [braindevelopmenttimeline]

Delapan Makanan Pencegah Pikun

PinkKorset.com – Merasa kesal karena mendadak lupa meletakkan barang? Sulit mengingat nama orang? Banyak orang mengalaminya.  Biasanya, makin tua makin menjadi.

Para ilmuwan dan periset pun mencari cara untuk mengatasinya. Salah satu yang mereka lakukan adalah kembali ke Bumi, meminta bantuan Ibu Pertiwi.

Bahan-bahan organik seringkali jadi pilihan yang lebih baik. Berikut beberapa diantaranya yang bisa Anda konsumsi dan jadikan diet tepat, guna meningkatkan daya ingat.

Salmon

Ada alasan mengapa ikan disebut makanan bagi otak. Ini disapaikan Laura Wright, PhD, RD, LD yang seorang asisten profesor nutrisi di University of South Florida. Laura juga menjadi juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics.

“Sudah banyak studi menunjukkan, asam lemak omega-3 bisa mengurangi tingkat demensia dan memperbaiki daya ingat,” katanya. Laura menyarankan tiga-empat ons ikan kaya omega-3 seperti salmon, makarel, dan sarden, setiap pekan.

Kari

Rencanakan kunjungan ke restoran India. Sebab periset menemukan, temulawak yang menjadi kandungan utama dan bubuk kari, memperlambat pembentukan plak dan bahkan menghancurkan penumpukannya di otak tikus. Plak ini terkait dengan Alzheimer. Kari juga mencegah kanker dan penyakit jantung.

Blueberry dan Anggur

“Buah beri dan sayuran mengandung bahan yang penting bagi fungsi optimal dan menunda penuaan,” kata Robert Krikorian, PhD yang memimpin Cognitive Aging Program di College of Medicine, University of Cincinnati.

Buah Bit

Buah yang sedang ngetren ini mengandung banyak nitrat. Apakah nitrat itu? Nitrat merupakan bentuk nitrit oksida, bahan alami yang bisa menyebabkan membesarnya pembuluh arah yang seringkali berhubungan dengan turunnya tekanan darah. Nitrat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak yang berarti membaiknya kesehatan mental Anda.

Bayam dan Kale

Daun-daun hijau mengandung antioksidan dan folat. Makanan yang mengandung banyak folat membantu daya ingat, mengurangi radang, dan memperbaiki aliran darah ke otak. Asam folik juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Permen Karet

Saat sedang menghadapi deadline pekerjaan, kunyahlah permen karet. Periset di Cardiff University, dalam sebuah studi pada 2013 lalu menyimpulkan, orang yang mengunyah permen karet memilki tingkat akurasi yang lebih tinggi dan reaksi lebih cepat.

Cokelat

Boleh saja mengganti segela kopi harian Anda dengan cokelat panas. Studi pada 2013 menunjukkan, orang lanjut usia yang meminum dua cangkir cokelat setiap hari selama sebulan, aliran darah ke otaknya membaik. Anda bisa menggantinya dengan cokelat batangan, sumber antioksidan yang sangat baik untuk otak.